Koramil 2205 Kalapanunggal Monitor Program Pembangunan Desa

Senin, 28 Desember 2020 - 13:53 WIB
Koramil 2205 Kalapanunggal Monitor Program Pembangunan Desa
Koramil 2205 Kalapanunggal Monitor Program Pembangunan Desa

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Desa bersama Bintara Pembina Desa (Babinsa) melakukan monitoring pelaksanaan pembangunan di Desa Cipeuteuy, Kecamatan Kabandungan, Kabupaten Sukabumi, Senin (28/12/2020).

Sertu Ganep selaku Babinsa Desa Cipeuteuy Anggota Koramil 2205 Kalapanunggal menyatakan, monitoring dilakukan bertujuan untuk mengetahui secara langsung sejauh mana pelaksanaan program desa sekaligus memantau kesesuaian dalam pelaksanaan.

"Ini bentuk kepedulian pemerintah dalam pengawasan penggunaan Dana yang sudah dikucurkan ke desa, tujuannya untuk mengetahui secara langsung sejauh mana penggunaan anggaran dalam progam pembangunan," ungkap Ganep, Senin (28/12).

BACA JUGA : Jelang Tutup Tahun 2020 di Sukabumi Harga Komoditas Sayuran Merangkak Naik

Lebih jauh Ganep mengatakan, selain TNI dan Unsur terkait lainnya, seluruh pihak dapat ikut mengawasi sekaligus mengawal proses pembangunan Desa sehingga dapat berjalan sesuai dengan yang telah direncanakan.

"Semua warga berhak mengawasi penggunaan setiap anggaran yang masuk ke desa. Dengan demikian tidak ada yang ditutup tutupi lagi, semua terbuka untuk warga," tandasnya.

Peninjauan lokasi pembangunan meliputi rehab bangunan Madrasah Al Mahmudiyah, drainase jalan sepanjang 87 meter, pemagaran Musholah Al Ikhlas yang berada di RT 06/04 Desa Cipeteuy.

BACA JUGA : 4 Rumah dan 8 Motor Ludes Terbakar di Kabandungan Sukabumi

Ditempat yang sama, Perwakilan Pemerintah Desa yang diwakili oleh TPK sekaligus Kepala Dusun setempat, Nandar dalam monev kali ini menekankan penggunaan angaran harus dikelola sebaik mungkin, tidak disalahgunakan, sehingga proses pembangunan yang dapat berjalan dengan baik dan lancar.

"Untuk pengerjaan pembangunan fisik, sesuaikan dengan yang sudah ditentukan. Untuk perawatan bangunan nantinya dilaksanakan dengan baik dan untuk penyelesaian administrasi diselesaikan dengan baik dan sesuai prosedur atau sesuai Juknis," jelas Nandar.

Kadus berharap, Masyarakat ikut berpartisipasi dalam melakukan perawatan aset berupa pembangunan infrastruktur yang sudah dibangun oleh pemerintah desa.

"Kami berharap adanya peran serta masyarakat dalam melakukan pemeliharaan aset pembangunan yang sudah ada." ungkapnya.(*)

SUKABUMI TERKINI