Kondisi Terkini Ruas Jalan Geopark Ciletuh Sukabumi

Selasa, 22 Desember 2020 - 11:14 WIB
Kondisi Terkini Ruas Jalan Geopark Ciletuh Sukabumi
Kondisi Terkini Ruas Jalan Geopark Ciletuh Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Dari 11 titik longsor serta amblasnya akses jalan di kawasan Geopark Ciletuh Sukabumi selama sepekan terakhir, 2 titik terparah saat ini tengah ditangani Bina Marga Provinsi Jawa Barat.

Salah satu titik terparah berada di Tanjakan Cilegok (Puncak Dini) Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas.

Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) 4 Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Entis Sutisna, mengatakan separuh badan pada titik BDG 169 + 400 mengalami amblas sepanjang 50 meter, lebar 3 meter, dengan kedalaman 1,5 meter.

"Saat ini KSPPJJ tengah melakukan penanganan sementara pada ruas jalan tesebut, seperti penimbunan agregat dan dirucuk menggunakan bambu" ujar Entis, Selasa  (22/12/2020).

BACA JUGA : Jembatan Ciheulang V Jalur Alternatif Sukabumi Bogor Kembali Bisa Diakses Pengguna Jalan

Sementara itu, amblas jalan juga terjadi di ruas Loji - Puncakdarma, serta  Waluran - Palangpang pada KM BDG 212+350.

"Untuk ruas jalan Waluran - Palangpang, titik terparah berada di Kampung Pasir Bunut,  Desa Mekarsakti, Kecamatan Ciemas, amblas badan Jalan setiap hari terus bergerak, panjang kerusakan saat ini 50 meter, lebar 3 meter sedangkan  kedalaman mencapai 0,50 meter.

"Penanganan sementara dilakukan pemasangan rambu, rekayasa arus jalan satu arah, penimbunan agregat, dan ada  1 unit rumah warga yang terdampak," beber Entis.

BACA JUGA : Kios Pasar Parungkuda Sukabumi Terjun Bebas Masuk Sungai, BPBD : Ini Seharusnya Tidak Terjadi Kalau Dari Awal Pembangunannya Sesuai

Menurut KSPPJJ 4 Bina Marga Provinsi Jawa Barat, penanganan yang dilakukan saat ini bersifat antisipasi sebelum nantinya dilakukan penanganan khusus.

"Bencana awal terjadi pada 16 Desember, sampai sekarang tiap hari ada penurunan (pergerakan tanah), penanganan sementara kendaraan melaju satu jalur, dikhawatirkan jika terus dilintasi jalan akan semakin amblas," terangnya.

Menurut Entis Sutisna secara keseluruhan Ruas Jalan Geopark Ciletuh relatif aman untuk di akses hanya di titik tertentu pengguna jalan untuk lebih berhati hati.

"Terutama di titik jalan amblas, namun di setiap titik rawan Kami sudah pasang rambu.

"Dan Kami dari URC Bina Marga standby di lokasi mendirikan posko pengamanan di titik - titik rawan bencana." tandasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI