Panen Perdana Sorgum Polres Sukabumi Kota Gandeng Desa Kebonpedes Bangun Zona Ketahanan Pangan

Kamis, 17 Desember 2020 - 19:15 WIB
Panen Perdana Sorgum Polres Sukabumi Kota Gandeng Desa Kebonpedes Bangun Zona Ketahanan Pangan
Panen Perdana Sorgum Polres Sukabumi Kota Gandeng Desa Kebonpedes Bangun Zona Ketahanan Pangan

TatarSukabumi.ID - Kepolisian Resor Sukabumi Kota melaksanakan panen perdana Sorgum bekerjasama dengan Pemerintah Desa Kebonpedes Kecamatan Kebonpedes Kabupaten Sukabumi Jawa Barat, Kamis (17/12/2020).

Dalam rangka memperkuat zona ketahanan pangan masyarakat, Kapolres Sukabumi Kota AKBP Sumarni menggandeng sejumlah elemen masyarakat mengembangkan budidaya Sorgum sejak beberapa bulan terakhir.

Sebelumnya, di penghujung Agustus 2020 lalu, Kapolres Sukabumi Kota melakukan penanaman perdana Sorgum di wilayah Kampung Ranji, Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Tanaman Sorgum Sebagai Alternatif  Pangan Masyarakat Desa Kebonpedes Sukabumi

Untuk diketahui, Sorgum merupakan sejenis tanaman sebagai sumber pangan alternatif selain gandum, jagung dan padi.

Tanaman Sorgum dewasa ini menjadi trend sebagai bahan makanan jenis baru mengingat jenis pangan ini mengandung karbohidrat yang sangat tinggi.

"Waktu itu kita menanam (Sorgum) pada 27 Agustus 2020, dan 3 bulan kemudian telah bisa di panen.

"Dari luas lahan 600 meter persegi menghasilkan 1,8 ton Sorgum," ungkap Sumarni kepada TatarSukabumi.ID, disela panen perdana Sorgum di Kebonpedes, Kamis (17/12).

BACA JUGA : Tebing Longsor Terjang Rumah Warga Nyalindung Sukabumi

Dengan keberhasilan panen perdana Sorgum di wilayah Kebonpedes, Sumarni memastikan akan melakukan pengembangan tanaman sereal yang saat ini mulai dikenal sebagai salah satu bahan pangan alternatif di Indonesia.

"Insyaallah ini akan di kembangkan ke lahan yang lebih luas lagi, ini merupakan bentuk dukungan dan motivasi Polri kepada masyarakat terkait pembangunan zona ketahanan pangan," kata Sumarni.

Tidak hanya di Desa Kebonpedes dan sejumlah wilayah lain yang telah sukses melaksanakan budidaya Sorgum yang diinisiasi Polres Sukabumi Kota, Sumarni bertekad akan menularkan program ini ke seluruh wilayah hukum Kepolisian Resor Sukabumi Kota.

"Kegiatan ini juga akan di sebarkan ke wilayah lain di wilayah hukum Polres Sukabumi Kota," tegas Sumarni.

Disinggung program lanjutan, Sumarni memastikan Polres Sukabumi Kota akan terus memberikan bimbingan proses produksi lanjutan hingga pemasaran Sorgum dari masyarakat.

Halaman Selanjutnya >>>>

SUKABUMI TERKINI