Akses Jalan Tamanjaya Ciwaru Tertutup Longsor dan Pohon Tumbang

Kamis, 17 Desember 2020 - 13:28 WIB
Akses Jalan Tamanjaya Ciwaru Tertutup Longsor dan Pohon Tumbang
Akses Jalan Tamanjaya Ciwaru Tertutup Longsor dan Pohon Tumbang

TatarSukabumi.ID - Hujan dengan intensitas tinggi sebulan terakhir di wilayah Sukabumi dan sekitarnya berimbas bencana longsor di beberapa titik ruas jalan tujuan wisata Geopark Ciletuh Palabuhanratu.

Ruas jalan Tamanjaya - Ciwaru kurang lebih sekitar 7 jam secara total tidak bisa dilintasi kendaraan baik roda dua maupun empat.

Hal ini disebabkan longsor dan pohon tumbang  yang terjadi di kawasan tanjakan Cipeucang, Desa Tamanjaya, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : 11 Titik Longsor dan Jalan Amblas di Geopark Ciletuh Sukabumi

Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) 4 Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Entis Sutisna, kepada TatarSukabumi.ID mengatakan jalan tertutup material longsor dan pohon tumbang sejak pukul 01.00 WIB dini hari tadi, Kamis (17/12/2020).

"Menurut laporan yang kami terima kejadiannya sekitar pukul 01.00 WIB dini hari tadi, material longsoran disertai pohon tumbang yang menutup total akses jalan, imbasnya kendaraan tak bisa lewat," jelas Entis, Kamis (17/12).

Masih kata Entis, saat ini pohon tumbang telah berhasil di tangani, sementara material tanah longsor masih dalam proses penanganan URC Bina Marga.

Dalam peristiwa ini tebing setinggi 2 meter ambruk dengan panjang tanah ambruk mencapai 15 meter.

BACA JUGA : Hasil Resmi Pleno Rekapitulasi Penghitungan Suara Pilkada Sukabumi 2020

Saat ini sebagian wilayah Geopark masih di guyur hujan, Entis imbau pengguna jalan untuk meningkatkan kewaspadaan mengingat kawasan tersebut rawan longsor.

"Sekira pukul 08.00 WIB pagi tadi lalu lintas sudah mulai merangkak normal, namun untuk material tanah longsor masih belum berhasil sepenuhnya terevakuasi karena terkendala cuaca yang saat ini masih turun hujan di khawatirkan akan menimbulkan longsor susulan.

"Maka dari itu demi pelayanan kepada pengguna Jalan, Bina Marga Provinsi Jabar, mendirikan Posko kedaruratan di sekitar lokasi bencana." jelasnya.(*)

SUKABUMI TERKINI