11 Titik Longsor dan Jalan Amblas di Geopark Ciletuh Sukabumi

Rabu, 16 Desember 2020 - 22:48 WIB
11 Titik Longsor dan Jalan Amblas di Geopark Ciletuh Sukabumi
11 Titik Longsor dan Jalan Amblas di Geopark Ciletuh Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Hujan dengan intensitas tinggi di wilayah Sukabumi Selatan, mengakibatkan longsor di sejumlah titik jalur Geopark Ciletuh.

Tidak hanya longsor, jalan amblas juga terjadi di ruas jalan Loji - Puncak Darma Geopark Ciletuh, Rabu (16/12/20).

Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) wilayah 4 Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Entis Sutisna kepada TatarSukabumi.ID membenarkan longsor dan jalan amblas di kawasan Geopark Ciletuh.

"Longsor dan jalan amblas terjadi di ruas Jalan Cibutun - Balewer di KM Bdg 169+700, tepatnya di  Kampung Sangrawayang, Desa Sangrawayang, Kecamatan Simpenan.

"Kemudian di KM Bdg 170+500 Desa Girimukti, Kecamatan Ciemas sebanyak kurang lebih 11 titik longsor," ujar Entis Sutisna, Rabu (16/12).

BACA JUGA : Longsor Tutup Akses Jalan Palabuhanratu - Kiaradua

Masih kata Entis, panjang material longsor yang menutup akses jalan Geopark Ciletuh cukup bervariasi mulai dari 10 hingga 40 meter.

Tim gabungan melibatkan URC Bina Marga, BPBD Kabupaten Sukabumi, Unsur Muspika Ciemas, dan Masyarakat menurunkan alat berat untuk melakukan penangan mengangkat material longsor.

"Siang tadi, lalu lintas total tidak bisa lewat akibat longsor dan amblas jalan," kata Entis.

"Sore ini, selepas Magrib  ruas jalan Puncak Darma - Loji telah kembali normal lancar," sambung Dia.

"Namun bagi pengguna jalan, tetap berhati- hati jalan licin dikarenakan masih ada sisa material tanah yang belom bersih." terangnya.(*)

SUKABUMI TERKINI