Program Pembangunan Desa Cimanggu Cikembar Tahun Anggaran 2021

Rabu, 16 Desember 2020 - 13:15 WIB
Program Pembangunan Desa Cimanggu Cikembar Tahun Anggaran 2021
Program Pembangunan Desa Cimanggu Cikembar Tahun Anggaran 2021

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Desa Cimanggu, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi melaksanakan Musyawarah Rencana Pembangunan Desa (Musrenbangdes) tahun 2021, Rabu (16/12/2020).

Kades Cimanggu, Baenuri Samsi kepada TatarSukabumi.ID disela Musrenbangdes  menyebutkan jika forum ini melibatkan peran serta seluruh unsur Pemerintah Desa (Pemdes) dan masyarakat untuk menentukan dan memutuskan prioritas pembangunan Desa di tahun 2021 mendatang, baik bersumber dari alokasi Anggaran Dana Desa (ADD), Dana Desa (DD), maupun Bantuan Pemerintah Provinsi (Banprov) Pusat dan sumber anggaran Pendapatan Asli Desa (PADes).

BACA JUGA : Jelang Pleno Pilkada Sukabumi 2020 MUI Minta Seluruh Pihak Legowo

Pembangunan skala prioritas bersumber dari APBD di tahun anggaran 2021 mendatang, Pemdes Cimanggu akan merealisasikan pembangunan dua titik Jalan Desa.

Sementara dari anggaran non APBDes, Baenuri menyebut skala prioritas adalah pembangunan enam titik sarana air bersih, program drainese serta penganggaran bantuan langsung tunai (BLT) bersumber dari dana desa (DD) 2021 senilai 200 ribu bagi masyarakat terdampak Covid-19.

"Untuk mendukung semua itu, kami  inginkan peran serta semua pihak, guna membantu mengawal hingga mensukseskan visi misi desa agar jangan sampai kelak ada permasalahan dikemudian hari, " ucap Baenuri, Rabu (16/12).

BACA JUGA : Diarpus Kabupaten Sukabumi Kembangkan Perpustakaan Berbasis Teknologi

Di tempat yang sama, Wakil Ketua BPD Cimanggu, Atik Suwardi menyatakan, musyawarah ini merupakan tindak lanjut dari Musdus dan Musdes.

Menurut Atik, realisasi program yang telah tercapai di tahun 2020 adalah pembangunan 30 rumah warga tidak layak huni (Rutilahu) dan Program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap
(PTSL) dalam rangka memberikan jaminan kepastian hukum atau hak atas tanah Masyarakat.

"Kami sebagai lembaga badan musyawarah desa mendukung sepenuhnya agar yang sudah di programkan pemerintah Desa dapat dilaksanakan secara tertib sesuai aturan.

"Lakukan perubahan pola kerja pengabdian sesuai tugas pokok fungsi dari yang baik menjadi lebih baik mulai dari hal perencanaan, pelaksanaan sampai pelaporan pertanggungjawaban," jelas Atik.

BACA JUGA : Pengenalan Sistem Informasi Pemerintahan Daerah (SIPD) Pemkab Sukabumi

Ditambahkan Kasi pemberdayaan Masyarakat Kecamatan Cikembar, Agus Raharja, menurutnya Musrenbangdes ini  diharapkan mampu menghasilkan daftar usulan RKPDes 2021 yang sinergi dengan rencana kerja pemerintah kabupaten.

"Semoga dapat menghasilkan tim delegasi dalam mengawal usulan kegiatan prioritas sampai terealisasikan secara tertib," ungkap Agus.

Sementara itu, Pendamping Desa Cimanggu, Dian Tris menyampaikan bahwa Musrenbangdes ini merupakan sarana musyawarah tingkat desa untuk menentukan perencanaan pembangunan agar terukur terlaksana dan sukses bertujuan dapat memajukan desa hingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.(*)

SUKABUMI TERKINI