Tebing Longsor di Ruas Jalan Geopark Ciletuh

Senin, 07 Desember 2020 - 16:47 WIB
Tebing Longsor di Ruas Jalan Geopark Ciletuh
Tebing Longsor di Ruas Jalan Geopark Ciletuh

TatarSukabumi.ID - Hujan deras yang mengguyur wilayah Selatan Sukabumi, mengakibatkan luapan banjir hingga menutup akses jalan di kawasan Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi, Senin (7/12/2020).

Intensitas hujan yang cukup tinggi sejak sepekan terakhir juga mengakibatkan longsor.

Tebing setinggi 7 meter di ruas Jalan Geopark Ciletuh, tepat di kawasan Palangpang - Puncak Darma, Desa Girimukti - Ciemas mengalami longsor hingga menutup akses jalan provinsi.

"Selain ruas jalan tergenang luapan air Sungai, juga terjadi Longsor di titik kilometer Bandung 226+300, tepatnya di lokasi tanjakan sekitar 300 meter ke  Puncak Darma arah dari Palangpang," ujar Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) 4 Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Entis Sutisna, Senin (7/12/2020).

BACA JUGA : Cuaca Ekstrem Areal Pertanian dan Ruas Jalan Geopark Ciletuh Terendam Banjir

Longsor tebing diduga terjadi malam menjelang dini hari tadi, material tanah longsor menutup badan jalan.

Peristiwa ini sempat mengakibatkan arus lalu lintas dari kedua arah terganggu.

"Siang hingga sore ini akses jalan sudah normal kembali, tadi sekitar pukul 09.00 WIB material longsor di evakuasi oleh URC Bina Marga," kata Entis.

Meski saat ini tidak terjadi penumpukan kendaraan, Entis mengimbau pengguna jalan untuk tetap berhati - hati mengingat hujan masih mengguyur wilayah Geopark Ciletuh dan sekitarnya, di khawatirkan terjadi longsor lanjutan.(*)

SUKABUMI TERKINI