Cuaca Ekstrem Areal Pertanian dan Ruas Jalan Geopark Ciletuh Terendam Banjir

Senin, 07 Desember 2020 - 13:11 WIB
Cuaca Ekstrem Areal Pertanian dan Ruas Jalan Geopark Ciletuh Terendam Banjir
Cuaca Ekstrem Areal Pertanian dan Ruas Jalan Geopark Ciletuh Terendam Banjir

TatarSukabumi.ID - Hujan dengan intensitas tinggi hampir merata mengguyur wilayah Sukabumi dan sekitarnya dalam sepekan terakhir.

Hal ini berdampak pada tingginya debit air hingga menyebabkan Sungai meluap dan mengakibatkan banjir.

Salah satunya Sungai Cikalong dan Sungai Bale Erka yang berada di kawasan Geopark Ciletuh, Kecamatan Ciemas, Kabupaten Sukabumi.

Kedua aliran Sungai meluap sejak dini hari hingga menjelang siang ini, Senin (07/12/20).

BACA JUGA : Angin Barat Terjang Laut Selatan Palabuhanratu Porak Porandakan Pagang Nelayan

Meluapnya Sungai merupakan untuk kali kedua di penghujung tahun 2020 ini, luapan kedua Sungai merusak puluhan hektar areal pertanian terendam banjir, dengan usia tanam rata - rata 1,5 bulan.

Tidak hanya areal pertanian, Ruas Jalan Provinsi penghubung Waluran - Mareleng - Palangpang hingga pagi ini terendam banjir.

Pantauan TatarSukabumi.ID ketinggian air tadi pagi nyaris sekitar sepinggang orang dewasa atau diatas 70 centimeter.

Kepala Satuan Pelayanan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan (KSPPJJ) 4 Bina Marga Provinsi Jawa Barat, Entis Sutisna kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, terdapat 2 titik ruas jalan Provinsi terendam banjir hingga menyulitkan pengguna jalan khususnya kendaraan bermotor.

BACA JUGA : Remaja Cibadak Tenggelam di Palabuhanratu, Hari ke-7 Pencarian di Tutup

"Banjir terjadi mulai dini hari tadi, akibat hujan dengan intensitas tinggi dari kemarin hingga siang ini masih terjadi.

"Air Hujan tidak tertampung di ke dua aliran sungai hingga meluap ke jalan raya,dan terjadi di titik yang sama seperti terjadi Minggu lalu, namun hari ini lebih parah," ujar Entis Sutisna, Senin (06/12).

Lebih jauh Entis menjelaskan, titik banjir berada pada Kilometer Bandung 215+600, lalu Kilometer Bandung 215+700 jembatan 2 Bale RK, dan di kilometer Bandung 217+200 jembatan Cikalong Kampung Cihuni perbatasan Desa Ciwaru dan Mekarsakti, Kecamatan Ciemas.

Halaman Selanjutnya >>>>

SUKABUMI TERKINI