Hari Difabel Internasional BLK Kabupaten Sukabumi Berikan Pelatihan Kerja Disabilitas

Kamis, 03 Desember 2020 - 16:10 WIB
Hari Difabel Internasional BLK Kabupaten Sukabumi Berikan Pelatihan Kerja Disabilitas
Hari Difabel Internasional BLK Kabupaten Sukabumi Berikan Pelatihan Kerja Disabilitas

TatarSukabumi.ID - Bertepatan Hari Difabel Internasional tahun 2020, UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi berikan pelatihan sub kejuruan menjahit bagi penyandang disabilitas, Rabu (3/12/2020).

Pelatihan sub kejuruan menjahit program Indonesia Peduli Difabel (IPD) bertajuk Difabel Bisa Berkarya ini dilaksanakan hingga 12 hari kedepan, bekerja sama dengan Yayasan Daarut Tauhiid (DT) Peduli, dan Aliansi Perempuan Disabilitas dan Lansia (APDL) Sukabumi.

Kepala UPTD BLK Kabupaten Sukabumi, Ridwan Agus Mulyawan kepada TatarSukabumi.ID mengatakan program ini merupakan bentuk sinergitas antara Pemerintah Daerah dengan organisasi peduli kemanusiaan dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat terutama penyandang disabilitas.

BACA JUGA : 20 PNS Sukabumi Raih Anugerah Satya Lencana Karya Satya dari Presiden

Masih kata Ridwan, pelaksanaan program pelatihan menjahit ini seluruhnya bersumber dari anggaran yayasan DT peduli dan APDL Sukabumi serta pemberian santunan dari yayasan Baitul Maal BRI.

"Kendati nol rupiah APBD, tidak mengurangi semangat kami melaksanakan tugas fungsi sosial kemanusiaan dengan memfasilitasi tempat, alat dan instruktur (pelatih). Dalam program ini 15 peserta selama 12 hari pelatihan semoga kelak setelah mendapat pelatihan, dilanjut dengan pembinaan hingga akhirnya mereka (difabel) dapat menjalani wirausaha mandiri," ungkap Ridwan, Kamis (3/12/2020).

BACA JUGA : Ruas Jalan Geopark Ciletuh Sukabumi Langganan Banjir

Ditempat yang sama, Kepala Cabang DT Peduli Sukabumi, Rizkia Ananda Winda menjelaskan, DT Peduli merupakan Lembaga Amil Zakat Nasional yang concern terhadap program sosial, dakwah, pemberdayaan masyarakat dan pendidikan.

Dalam rangka menyambut Hari Disabilitas Internasional 2020, sambung Rizkia, DT Peduli melangsungkan kegiatan secara serempak di 27 cabang seluruh Indonesia dengan jumlah peserta keseluruhan mencapai 5000 penyandang disabilitas.

BACA JUGA : Kapolres Sukabumi Kota Tinjau Kesiapan dan Keamanan Gudang Logistik Pilkada Sukabumi Tingkat Kecamatan

"Agenda kami setelah seluruh peserta menyelesaikan pendidikan akan terus di dampingi, diberikan bantuan peralatan sebagai modal awal sampai saudara kita disabilitas dapat mandiri berkarya untuknya sendiri umumnya masyarakat disekitarnya," ungkap Rizkia.

Masih kata Rizkia, bentuk sinergitas bersama Pemkab Sukabumi dalam program ini diharapkan dapat berkelanjutan.

"Kedepannya dapat terus terlaksana hingga dapat memicu semangat sahabat kami dari berbagai lembaga kemanusiaan (NGO) dalam berkontribusi berperan aktif melaksanakan kegiatan kemanusiaan." tandasnya.(*)