Tidak Hanya Potensi Wisata dan Sayuran Kadudampit Penghasil Alpukat Terbesar di Sukabumi

Sabtu, 28 November 2020 - 17:28 WIB
Tidak Hanya Potensi Wisata dan Sayuran Kadudampit Penghasil Alpukat Terbesar di Sukabumi
Tidak Hanya Potensi Wisata dan Sayuran Kadudampit Penghasil Alpukat Terbesar di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Selain memiliki potensi Pariwisata, letak geografis Kecamatan Kadudampit yang berada tepat di Kaki Gunung Gede memiliki potensi agro bisnis yang cukup potensial.

Sudah sejak lama salah satu kawasan tertinggi di Sukabumi ini menjadi pemasok terbesar sayur sayuran di Sukabumi dan sekitarnya.

Masih ada potensi lain yang di hasilkan Kecamatan Kadudampit yang sejak 10 tahun terakhir tengah di rintis.

"Diagendakan Desember 2020 mendatang, Kita akan melaksanakan penghijauan yaitu menanam pohon Alpukat," ungkap Jenal Abidin, Camat Kadudampit Sukabumi, Sabtu (28/11/2020).

BACA JUGA : Monyet Liar Serang Pemukiman Warga Nagrak Sukabumi

Lebih jauh Jenal Abidin kepada TatarSukabumi.ID mengungkapkan, Pemerintah Kecamatan Kadudampit akan mendorong masyarakat mewujudkan Kadudampit sebagai kawasan terbesar penghasil Buah Alpukat.

Saat ini tercatat ribuan pohon Alpukat siap produksi di wilayah Kecamatan Kadudampit.

Menurut Jenal, di wilayah Green Life Kampung Lebaksiuh, Desa Sukamaju sedikitnya 5 ribu Pohon  Alpukat yang ditanam di lahan sekitar 10 hektare dengan usia tanam 3,5 tahun milik warga masyarakat.

Di kawasan Desa Undrusbinangun terdapat 100 pohon Alpukat dengan masa tanam tiga tahun dan di Desa Gede Pangrango sebanyak 500 pohon usia tanam 10 tahun milik warga.

BACA JUGA : Produk Hanjeli Sukabumi Mulai Dilirik Dunia

Kedepannya sambung Camat Kadudampit, Pemerintah akan berupaya turut mendorong warga masyarakat untuk menanam Pohon Alpukat.

"Kedepannya Kita akan berusaha mendorong masyarakat agar mendapatkan bantuan bibit Alpukat yang berasal dari Pemerintah, atau
pihak ketiga yang lain, misalnya dari dana CSR Perusahaan maupun dari komunitas lain di Sukabumi.

"Kami bersama seluruh unsur yang ada berupaya mengembangkan kawasan Alpukat, masyarakat dapat menanam pohon Alpukat di halaman rumah, di setiap Posyandu, Sekolah,Pondok, Pesantren, Masjid dan Majlis Taklim." ungkapnya.(*)