Pembentukan Desa Bersinar di Kecamatan Nagrak dan Ciambar oleh BNNK Sukabumi

Kamis, 26 November 2020 - 22:45 WIB
Pembentukan Desa Bersinar di Kecamatan Nagrak dan Ciambar oleh BNNK Sukabumi
Pembentukan Desa Bersinar di Kecamatan Nagrak dan Ciambar oleh BNNK Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi menggelar diseminasi informasi pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika (P4GN).

Dalam giat kali ini BNNK Sukabumi melakukan upaya P4GN dengan metode talk show langsung kepada masyarakat sekaligus pencanangan Desa bersih narkoba (Bersinar) di Kecamatan Nagrak dan Kecamatan Ciambar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Kamis (26/11/2020).

Kegiatan diseminasi dengan menerapkan protokol kesehatan Covid-19 ini dihadiri Kepala BNNK Sukabumi, Camat Nagrak, Camat Ciambar, Kapolsek Nagrak, Babinsa, Bhabinkabtibmas serta seluruh Kepala Desa se-Kecamatan Nagrak dan Ciambar.

Mewakili kepala BNNK Sukabumi, Kasie Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat (P2M) BNNK Sukabumi, Reni Marliani Iska menegaskan, BNNK bersinergi dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi akan terus berupaya menyuarakan P4GN baik dengan metode sosialisasi himbauan anti narkoba,  pemeriksaan urine serta membentuk relawan anti narkoba dan satgas anti narkoba.

BACA JUGA : Trend Positif Investasi Sukabumi 2020 Tembus Hingga 80 Persen

Masih kata Reni, Program Desa Bersinar merupakan salah satu upaya menyelamatkan generasi bangsa dari ancaman narkoba melalui keseriusan seluruh unsur masyarakat.

"Program pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba ini nantinya akan dikelola secara mandiri oleh seluruh unsur Pemerintahan Desa serta melibatkan masyarakat.

"Kedepan kami harapkan peran aktif dalam pembentukan desa bersinar bagi wilayah yang belum melaksanakan," tegas Reni, Kamis (26/11).

Dalam kegiatan ini dibahas mekanisme pembentukan Desa Bersinar guna meningkatkan pendampingan terhadap masyarakat dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan.

"Desa Bersinar berbasis pendayagunaan sumber daya diiringi kesadaran, kemandirian aparat pemerintah daerah Kabupaten dan Kota dalam memfasilitasi mewujudkan kegiatan Desa atau kelurahan Bersih Narkoba." tandasnya.(*)