Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Permudah Urus KTP dan Dokumen Kependudukan

Kamis, 26 November 2020 - 20:24 WIB
Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Permudah Urus KTP dan Dokumen Kependudukan
Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Permudah Urus KTP dan Dokumen Kependudukan

TatarSukabumi.ID - Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Sukabumi, Iwan Kusdian, pastikan Disdukcapil Kabupaten Sukabumi beri kemudahan pelayanan administrasi kependudukan kepada masyarakat baik secara sistem online maupun offline.

Sebagai bentuk antisipasi penyebaran Covid-19, Disdukcapil Kabupaten Sukabumi berlakukan pembatasan kunjungan masyarakat secara langsung (offline) ke Kantor Dinas

"Saat ini masyarakat mulai berangsur menggunakan sistem online dalam mengurus segala sesuatu yang berhubungan dengan data kependudukan," kata Iwan Kusdian.

BACA JUGA : Masyarakat Keluhkan Gas Elpiji Bersubsidi di Sukabumi Langka

Bukti masyarakat Sukabumi mulai terbiasa urus dokumen kependudukan secara digital, Iwan menyebut Disdukcapil sudah memberikan sedikitnya 16.597 keping KTP melalui pendaftaran online, 2383 Kartu Keluarga, 754 Akta Kelahiran, dan 36 Akta Kematian (Kartu Kuning).

Kadisdukcapil Iwan Kusdian imbau masyarakat Kabupaten Sukabumi yang telah memenuhi syarat untuk segera mengurus dokumen kependudukan.

"Apabila mengalami kesulitan karena jauh dari lokasi kantor Disdukcapil maka untuk mempermudah pelayanan kependudukan masyarakat bisa mengakses website www.dukcapilkabsukabumi.org atau melalui hotline whatsapp 0815-7200-3030.

"Pembuatan KTP elektronik, sama sekali tidak dipungut biaya atau gratis dan hindari calo" pungkas Iwan Kusdian.

BACA JUGA : Mayat Pria Tanpa Busana Ditemukan di Perkebunan Teh Cigaru Sukabumi

Ditempat yang sama, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk Yayah Dewi Homsiah, menyatakan jika dalam pelayanan Disdukcapil baik secara online maupun offline memiliki prosedur berdasar pada Perpres Nomor 96 Tahun 2018 tentang persyaratan dan tata cara pendaftaran penduduk dan pencatatan sipil.

"Ada beberapa dokumen yang dilayani pada pelayanan Disdukcapil diantaranya  pendataan atau pendaftaran penduduk, kartu Keluarga, biodata penduduk, KTP, surat pindah, dan surat keterangan tinggal terbatas (SKKT) orang asing, yang tentunya bisa dilayani ketika memenuhi aturan dan persyaratan yang berlaku baik itu secara online maupun offline," terang Yayah.

Ditambahkan Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan, Soheh Abdurahman, menurut Dia, saat ini masih banyak masyarakat  melakukan pengaduan terkait data kependudukan yang belum aktif.

Menurutnya, Hal itu dapat di konsolidasi melalui sistem informasi administrasi kependudukan pada website www.konsolidasi.dukcapilkabsukabumi.org yang dikelola oleh Disdukcapil Kabupaten Sukabumi.(*)