BNNK Sukabumi Evaluasi Program IBM Pasca Rehabilitasi

Selasa, 17 November 2020 - 20:45 WIB
BNNK Sukabumi Evaluasi Program IBM Pasca Rehabilitasi
BNNK Sukabumi Evaluasi Program IBM Pasca Rehabilitasi

TatarSukabumi.ID - BNNK Sukabumi selenggarakan monitoring dan evaluasi program pasca rehabilitasi bertempat di Ballroom Hotel Santika Sukabumi, Selasa (17/11/2020).

Kepala BNNK Sukabumi AKBP Fahmi Cipta Dewantara melalui Kepala Seksi Rehabilitasi BNNK Sukabumi, Bambang Sutedjo menyatakan Narkoba tidak hanya menjadi bahaya yang mengancam Negara dan Kota besar, namun saat ini barang haram Narkoba telah mengancam dan mulai merambah ke wilayah terpencil.

Menurut Bambang, sebagai bentuk upaya menekan angka korban penyalahgunaan narkoba maka diperlukan langkah strategis baik dalam aspek preventif maupun kuratif.

"Badan Narkotika Nasional Republik Indonesia (BNN RI) telah menginisiasi terbentuknya layanan rehabilitasi yang langsung bersentuhan dengan masyarakat yaitu Intervensi Berbasis Masyarakat (IBM).

Berdasarkan Instruksi Presiden nomor 02 Tahun 2020 mengamanatkan bahwa Pemerintah Saerah harus ikut berperan aktif menangani P4GN (Pencegahan, Pemberantasan, Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkotika) salah satunya dengan penyediaan layanan rehabilitasi," ungkap Bambang, Selasa (17/11).

BACA JUGA : Kabar Baik Gaji Buruh Sukabumi Tahun 2021 Naik 3,2 Persen

Lebih jauh Bambang memaparkan, pembentukan IBM merupakan salah satu solusi atas kendala sulitnya akses rehabilitasi kepada korban penyalahgunaan narkoba.

"Begitu juga program pasca rehabilitasi yang diselenggarakan oleh dan untuk masyarakat.

"Capaian terakhir adalah para mantan pecandu akan bisa mempertahankan kepulihannya hingga dapat kembali mandiri sadar dan berfungsi sosial sebagaimana mestinya tidak akan kembali melanggar serta menyalah gunakan obat terlarang." tegasnya.(*)