Gani Muhamad Dorong Pelaku UMKM Sukabumi Miliki Sertifikat Halal

Senin, 16 November 2020 - 16:39 WIB
Gani Muhamad Dorong Pelaku UMKM Sukabumi Miliki Sertifikat Halal
Gani Muhamad Dorong Pelaku UMKM Sukabumi Miliki Sertifikat Halal

TatarSukabumi.ID - Pjs Bupati Sukabumi R. Gani Muhamad mendukung penuh Pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) Sukabumi.

Hal tersebut di ungkap Gani saat membuka kegiatan sosialisasi sertifikasi halal dan pameran produk halal UMKM Jawa Barat, bersama staf ahli Kementerian Koperasi dan UKM Republik Indonesia, di Gedung Auditorium Yayasan Pendidikan Yasti Center Cisaat Sukabumi, Senin (16/11/2020).

"Ini suatu kegiatan yang perlu sepenuhnya kita dukung serta bantu, karena dalam event ini masyarakat bisa memunculkan segala produk khas UMKM Sukabumi.

"Event ini sebagai bentuk sosialisasi bagaimana, dimana, dan cara memperoleh sertifikasi halal, Kita arahkan agar mereka (UMKM) dapat segera miliki sertifikasi halal agar kelak bisa berkompetisi di tingkat global," beber Gani Muhamad, Senin (16/11).

BACA JUGA : Suhu Politik Pilkada Sukabumi Memanas Pjs Bupati Angkat Bicara

Kebijakan legalisasi halal sebelumnya berada di bawah wewenang Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurut Gani, saat ini Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi memberikan support bagi pelaku UMKM dengan memberikan fasilitas kemudahan dalam kepengurusan sertifikat halal yang saat ini kewenangannya berada di Kementrian Agama.

Pjs Bupati Sukabumi menyatakan apresiasi kepada Koperasi Peran Serta Wanita (Koperwan) Lembaga Pendidikan Yasti, Angkatan Muda Siliwangi (AMS) yang telah sukses menyelenggarakan event ekonomi kerakyatan ini.

"Saya minta ini harus berkelanjutan, dengan persaingan pasar ekonomi saat ini jangan sampai produk kita kalah dengan brand luar.

"Ditargetkan produk UMKM Sukabumi memiliki brand image yang hebat dan mampu bersaing," tegas Gani.

BACA JUGA : Anjak Priatama Sukma Pimpin Gema Keadilan Menangkan Pilkada Sukabumi Hingga Pileg 2024

Ditempat yang sama, Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Yasti Cisaat, Asep Ikhwan Awaludin menyatakan, kegiatan ini merupakan bentuk sinergitas dalam membantu Pemerintah Daerah sekaligus Masyarakat.

"Alasan terbesar kita turut serta mendukung acara ini adalah sebuah motivasi, komitmen kami, dalam rangka mewujudkan visi misi menciptakan pengembangan ekonomi kerakyatan bagi masyarakat Sukabumi." ungkap Asep.(*)