Diduga Ada Oknum Minta Jatah Bantuan Kementrian Agama Bagi Ponpes Sukabumi

Senin, 02 November 2020 - 12:46 WIB
Diduga Ada Oknum Minta Jatah Bantuan Kementrian Agama Bagi Ponpes Sukabumi
Diduga Ada Oknum Minta Jatah Bantuan Kementrian Agama Bagi Ponpes Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Pemerintah menyalurkan bantuan operasional senilai 25 juta hingga 50 juta kepada sejumlah Pondok Pesantren (Ponpes) di Kabupaten Sukabumi.

Didasari surat keputusan Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Direktorat Pendidikan Diniyah dan Pondok Pesantren pada Dirjen Pendidikan Islam Kementerian Agama nomor 5163 tahun 2020 bantuan operasional pendidikan pesantren (BA-BUN) diberikan sebagai bantuan dampak Covid-19.

Ujang Hamdun Sekretaris Umum Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Sukabumi menyatakan apresiasi kepada Pemerintah atas bantuan ini.

"Lalu diharapkan implementasi realisasi baik pengelola maupun penerima manfaat harus jujur dan amanat," tegas Ujang Hamdun, Senin (2/11/2020).

BACA JUGA : BMKG Ungkap Fakta Gempa Izmir Turki 7.0

Lebih jauh Ujang Hamdun menyatakan, agar tepat sasaran, calon penerima manfaat (Ponpes) tidak piktif maka harus dilakukan pendataan ulang sekaligus dilakukan crosscek di lapangan.

"Karena (beberapa) pesantren yang sudah mendapatkan izin, belum tentu hari ini masih berjalan, makanya harus ada pendataan ulang calon penerima manfaat," terangnya.

Untuk Ponpes yang belum mendapat bantuan di tahun anggaran 2020, sambung Hamdun, agar kedepan dapat terakomodir, maka Ponpes wajib mengurus perizinan.

"Perizinan harap segera di proses, intinya dalam bantuan ini kami harapkan jangan sampai ada pesantren yang terlewat," kata Hamdun.

"Kami pun menghimbau atas dasar informasi resmi untuk para pengurus ponpes setelah menerima bantuan dapat melaksanakan kewajiban seperti menyimpan bukti penerimaan bantuan, menjalankan realisasi, disertai laporan pertanggung jawaban disertai bukti pengeluaran pembayaran BA-BUN sesuai petunjuk teknis," pungkas Sekum MUI Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Ada Potongan Bantuan Lanjutan Covid-19 Provinsi Jabar, Ketua Apdesi Sukabumi Angkat Suara

Dikonfirmasi terpisah, Pengurus Ponpes Nurul Huda, Aziz menyatakan telah menerima bantuan atas program ini.

"Ya benar, berdasarkan ajuan dilengkapi segala persyaratan akhirnya terbit surat keputusan bahwa Ponpes kami mendapat bantuan operasional senilai 70 juta yang akan digunakan untuk membayar gaji guru serta membantu operasional kegiatan," terang Aziz.

"Namun anggarannya hingga saat ini belum diterima karena masih dalam proses di bank penyalur (BNI)," sambung Azis.

BACA JUGA : Dramatis Jual Motor COD di Facebook Berujung Ditangkap Polisi

Disinggung isu adanya oknum yang meminta uang jasa atas program bantuan ini, Aziz angkat suara.

"Hingga kini belum ada orang yang datang atau menghubungi kaitan meminta dengan bahasa uang jasa," kata Dia.

"Saya dengar info katanya ada Ponpes yang sudah menerima (bantuan) kemudian diminta uang jasa, detailnya saya tidak tahu, terpenting ke kami tidak ada, ditambah anggarannya pun belum diterima." pungkas Aziz belum lama ini melalui saluran telepon.(*)

SUKABUMI TERKINI