Paslon Nomor 2 Tidak Hadiri Deklarasi Pilkada Sehat dan Berintegrasi yang Digelar Bawaslu

Senin, 26 Oktober 2020 - 16:34 WIB
Paslon Nomor 2 Tidak Hadiri Deklarasi Pilkada Sehat dan Berintegrasi yang Digelar Bawaslu
Paslon Nomor 2 Tidak Hadiri Deklarasi Pilkada Sehat dan Berintegrasi yang Digelar Bawaslu

TatarSukabumi.ID - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi menggelar kegiatan Deklarasi Pilkada Sehat dan Berintegrasi dalam pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi 2020.

Dari pantauan awak media di lokasi kegiatan yang dilangsungkan di Grand Inna Samudera Beach Hotel Palabuhanratu ini, Pasangan nomor urut 2 Marwan Hamami - Iyos Somantri nampak tidak hadir.

Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Haryanto kepada awak media buka suara terkait ketidak hadiran Pasangan Petahana dalam acara ini.

"Terkait paslon nomor urut 2 tidak hadir hari ini dikarenakan ada halangan kegiatan kampanye.

"Tapi kita tidak mengurangi rasa hormat terhadap beliau, hari ini diwakili oleh perwakilan, tentu halnya (acara) tetap ini dilaksanakan," ungkap Teguh, Senin (26/10).

BACA JUGA : Fakta Gempa di Selatan Jawa Barat 25 Maret 2020

Selanjutnya fakta integritas dari pasangan calon nomor urut dua ditandatangani oleh perwakilan Paslon.

"Fakta integritasnya tadi sudah di tanda tangani oleh perwakilan (paslon 2).

"Nanti juga yang mewakili bisa menyampaikan kepada pasangan nomor urut 2, dan juga tim dan relawan dalam pelaksanaan kegiatan kampanye di lapangan untuk memperhatikan protokol kesehatan," tandasnya.

BACA JUGA : Rumah Warga Nyalindung Sukabumi Ludes Terbakar

Sementara itu, Dadan selaku LO dari Pasangan Marwan - Iyos kepada awak media menjelaskan, ketidak hadiran Paslon nomor urut 2 mengingat jadwal kegiatan yang berbarengan dengan acara yang di gelar Bawaslu.

"Alasan pasangan nomor dua tidak hadir itu karena keduanya ada kegiatan, pak Iyos ada kegiatan di Sagaranten, pak Marwan di Jampangtengah kegiatan Bapillu, memang sudah di agendakan dua minggu kebelakang.

"Kegiatan (kedua paslon) tidak bisa ditunda karena sudah jauh jauh hari acaranya (telah) di agendakan, jadi terutama kasian yang sudah mengundang jauh jauh hari terutama kegiatan pak Iyos," jelas Dadan.

Dadan juga membenarkan, fakta integritas Pilkada Sehat ditandatangani oleh perwakilan.

"Kaitan penandatanganan fakta integritas dalam deklarasi tadi dari bawaslu menyarankan di paraf dulu saja (oleh) LO.

Komitmen pasangan nomor urut 2 kaitan protokol kesehatan sudah dilaksanakan, di sosialisasikan, terutama tim kampanye marwan iyos. Ditambah pak Marwan ini sudah lebih dulu melakukan kampanye virtual dibandingkan pasangan lain," jelasnya.(*)