Dampak Kerusakan Akibat Gempa di 4 Kota Kabupaten Jawa Barat

Minggu, 25 Oktober 2020 - 20:28 WIB
Dampak Kerusakan Akibat Gempa di 4 Kota Kabupaten Jawa Barat
Dampak Kerusakan Akibat Gempa di 4 Kota Kabupaten Jawa Barat

TatarSukabumi.ID - Gempa bumi tektonik berkekuatan M 5.9 yang terjadi pukul  07.56.47 WIB pagi tadi, hasil pemutakhiran Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika berkekuatan M 5.6 cukup berdampak pada kerusakan di sejumlah wilayah Jawa Barat.

Episenter gempa yang terletak pada koordinat 8,2 Lintang Selatan dan 107,86 Bujur Timur, atau tepatnya berlokasi di laut pada jarak 88 km arah Barat Daya Kota Pangandaran, Jawa Barat di kedalaman 62 kilometer ini merusak sejumlah bangunan rumah warga di beberapa Kota Kabupaten Jawa barat.

Hal ini dibenarkan Kepala Bidang Mitigasi Gempa Bumi dan Tsunami pada BMKG, Dr Daryono.

"Data yang diterima dari Pusdalops BPBD Jawa Barat, dampak Gempa Selatan Jawa Barat yang terjadi siang tadi merusak sejumlah bangunan rumah warga" ujar Daryono melalui sambungan selular, Minggu (25/10/2020).

BACA JUGA : Update Terkini Gempa Bumi yang Mengguncang Sebagian Pulau Jawa

Lebih jauh Daryono menjelaskan, hingga Pukul 16.00 WIB sore tadi, dampak gempa dilaporkan terjadi di Kabupaten Pangandaran, Ciamis, Tasikmalaya, dan Kabupaten Garut.

Di Kabupaten Pangandaran dampak gempa tersebar di 4 Kecamatan 4 Desa, 5 unit Rumah rusak ringan," jelas Daryono.

"Di Kabupaten Ciamis berdampak pada 6 Kecamatan 7 Desa, 13 unit Rumah Rusak sedang dan ringan," sambung Dia.

"Sementara itu di Kabupaten Tasikmalaya wilayah terdampak 4 Kecamatan 4 Desa dengan 7 unit rumah rusak ringan. Kabupaten Garut dampak gempa terjadi di 1 Desa, dilaporkan 1 unit rumah rusak berat sementara di Tasikmalaya, 2 unit rumah rusak ringan dan 1 unit rumah rusak sedang," jelasnya.

BACA JUGA : Dalam Sepekan Polres Sukabumi Kota Tangkap 9 Tersangka Kasus Narkoba Barang Bukti 200 Juta Rupiah

Tidak hanya merusak bangunan, sambung Daryono, gempa yang terjadi pagi tadi mengakibatkan 3 warga mengalami luka.

"3 orang mengalami luka ringan, 2 orang di Kabupaten Ciamis dan 1 korban luka ringan di Tasikmalaya," ungkap Daryono.

Saat ini Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Barat melakukan koordinasi, asesmen dan terus memantau kondisi terkini terhadap seluruh Kota Kabupaten terdampak.

"BPBD melaporkan terus memberi imbauan kepada warga untuk selalu waspada dan siaga mengingat curah hujan cukup tinggi dalam sepekan terakhir." jelasnya.(*)