Edukasi dan Advokasi Jaminan Sosial Kesehatan Bagi Buruh Sukabumi

Sabtu, 24 Oktober 2020 - 14:09 WIB
Edukasi dan Advokasi Jaminan Sosial Kesehatan Bagi Buruh Sukabumi
Edukasi dan Advokasi Jaminan Sosial Kesehatan Bagi Buruh Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Didasari Undang-undang nomor 40 tahun 2004 tentang sistem jaminan sosial nasional (SJSN) menyebutkan bahwa negara menjamin serta memberikan kepastian perlindungan dan kesejahteraan sosial bagi seluruh rakyat Indonesia.

Atas dasar itu, Serikat Pekerja Nasional (SPN) bekerjasama dengan Asosiasi Pengusaha Indonesia (Apindo) Kabupaten Sukabumi, Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) dan Pemerintah Daerah Kabupaten Sukabumi memberikan edukasi dan advokasi tentang jaminan sosial kesehatan bagi kalangan buruh, Sabtu (24/10/2020).

Ketua SPN Kabupaten Sukabumi, Budi Mulyadi menyebut, secara umum maksud tujuan dari edukasi dan advokasi ini adalah untuk memberi pemahaman serta keterampilan dalam pengawasan serta pengurusan sekelumit permasalahan jaminan kesehatan bagi kalangan pekerja atau buruh sebagai peserta BPJS kesehatan atau ketenagakerjaan.

BACA JUGA : Minimalisir Konflik Buruh Penerima Jaminan Sosial Kesehatan

"Kegiatan ini diwakili oleh 56 orang peserta dari kalangan pekerja agar kelak bisa lebih bertambah wawasan serta lebih memahami permasalahan jaminan sosial kesehatan," ungkap Budi, Sabtu (24/10).

Lebih jauh Budi menjelaskan, dalam sosialisasi ini berbagai narasumber menyampaikan segala permasalahan sekaligus solusi apabila terjadi permasalahan khususnya di dalam bidang jaminan kesehatan.

Hal lain yang disampaikan kepada para peserta yang terdiri dari pengurus, pimpinan serikat, perusahaan dan anggota (buruh), bagaimana cara merancang program penanganan masalah perburuhan atau harmonisasi hubungan industrial secara benar komprehensif dibarengi prinsip integritas kepemimpinan organisasi yang solid dan profesional."ungkap Budi.(*)