Early Warning Potensi Badai La Nina di Sukabumi

Jumat, 23 Oktober 2020 - 13:35 WIB
Early Warning Potensi Badai La Nina di Sukabumi
Early Warning Potensi Badai La Nina di Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Dandim 0607 Sukabumi Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo pimpin pasukan dalam apel gabungan kesiapsiagaan penanggulangan bencana alam di wilayah Sukabumi, Jumat (23/10/2020).

Gelar pasukan yang dilaksanakan di Lapangan Pajajaran, Desa Karang Tengah, Kecamatan Cibadak, ini melibatkan berbagai unsur meliputi TNI /Polri, Satpol PP, BPBD, Basarnas, Muspika, Pramuka, Relawan ACT dan unsur terkait lainnya.

Letkol Inf Danang Prasetyo Wibowo menyebut, di tahun 2020 ini telah terjadi sedikitnya 93 kasus bencana alam meliputi 33 bencana alam tanah longsor, 33 terjadi pergeseran tanah, 5 banjir, 11 kebakaran dan 11 bencana lainnya.

BACA JUGA : 6 Fakta Fosil Megalodon Hiu Purba yang Ditemukan di Sukabumi Jawa Barat

Danang Prasetyo memastikan, TNI telah menyiapkan strategi dalam penanggulangan serta tanggap bencana, guna meminimalisir kemungkinan yang akan terjadi akibat bencana.

Lebih jauh Danang menyatakan, TNI/Polri siap membantu pemerintah daerah dalam pencegahan, mitigasi maupun penanggulangan bencana alam yang mungkin terjadi dengan mengerahkan personel berikut peralatannya, sesuai dengan amanah Undang-undang nomor 34 tahun 2004 tentang TNI khususnya  Bab IV pasal 7 tentang tugas pokok TNI dalam operasi militer selain perang.

"Saya hanya sekedar mengingatkan, saat ini masuk musim penghujan dan kita akan menghadapi badai La Nina.

Halaman Selanjutnya >>>>