Ikan Koi Cikembar Sukabumi Siap Bersaing Dengan Koi Jepang dan Korea

Senin, 19 Oktober 2020 - 08:36 WIB
Ikan Koi Cikembar Sukabumi Siap Bersaing Dengan Koi Jepang dan Korea
Ikan Koi Cikembar Sukabumi Siap Bersaing Dengan Koi Jepang dan Korea

TatarSukabumi.ID - Cibaraja Cisaat merupakan sentra budidaya ikan di Sukabumi Jawa Barat.

Wilayah Cibaraja Cisaat telah sejak lama terkenal sebagai wilayah penghasil Ikan baik jenis konsumsi hingga hias.

Tidak kalah bersaing, belakangan ini wilayah Bojong Kecamatan Cikembar mulai dilirik, mengingat wilayah ini cukup berpotensi menjadi kawasan budidaya ikan khususnya ikan hias jenis Koi.

BACA JUGA : Keunikan Gunung Rompang Sukabumi Bukit Mengeluarkan Suara Bukit Punggung Kuda Hingga Panenjoan dan Situs Cagar Budaya

Dalam satu tahun terakhir, Masyarakat yang tergabung dalam kelompok Jugala Koi di wilayah Desa Bojong, Kecamatan Cikembar, bertekad dapat mensejajarkan Koi hasil budidaya warga setempat dengan wilayah Cibaraja Cisaat.

Hal tersebut diungkap Deni Ansriyani salah seorang pengurus Jugala Koi saat ditemui TatarSukabumi.ID di kolam penangkaran Koi Dusun Lembur Tengah, Kampung Cibule, Desa Bojong Cikembar, Senin (19/10/2020).

"Usaha ini masih rintisan, dengan fasilitas seadanya telah berjalan sekitar tujuh bulan, awalnya hanya 3 orang anggota, sekarang bertambah jadi 10 orang, dengan jumlah 40 kolam yang tersebar di wilayah desa Bojong.

"Dengan proses, kerja keras, ulet tekun disertai doa, kelak Ikan Koi Bojong dapat setara dengan wilayah Cisaat Sukabumi," ungkap Deni, Senin (19/10).

BACA JUGA : Kabar Baik Program Bantuan Usaha Mikro Senilai 2,4 Juta Bagi Pelaku UMKM Kembali di Buka

Menurut Deni, Pemerintah Desa setempat merespon positif serta mendukung Petani Koi untuk lebih maju hingga setara dengan produk lokal lain dari Cikembar yakni Buah Manggis yang telah lebih dulu tersohor hingga ke mancanegara.

Halaman Selanjutnya >>>>