Kunker Mentan di Sukabumi, Yasin Limpo : Ketahanan Pangan Sukabumi Baik

Senin, 12 Oktober 2020 - 21:33 WIB
Kunker Mentan di Sukabumi, Yasin Limpo : Ketahanan Pangan Sukabumi Baik
Kunker Mentan di Sukabumi, Yasin Limpo : Ketahanan Pangan Sukabumi Baik
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Sukabumi dalam rangka memantau ketahanan pangan, Senin (12/10/2020).

Yasin Limpo kunjungi sejumlah lokasi diantaranya Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja, Desa Sukaresmi Kecamatan Cisaat serta area pertanian di Kecamatan Cicurug, Kabupaten Sukabumi Jawa Barat.

Didampingi Penjabat Sementara Bupati Sukabumi, R. Gani Muhamad, Mentan kunjungi Rice Milling Unit (RMU) yang dikelola oleh BUMR Koperasi Ar-Rahmah di Desa Pasirhalang, Kecamatan Sukaraja.

Untuk diketahui RMU merupakan jenis mesin penggilingan padi generasi baru yang praktis dan mudah dioperasikan, proses pengolahan gabah menjadi beras dengan dapat dilakukan dalam satu kali proses oleh RMU.

BACA JUGA : Buntut Komentar Pegawai BPBD Kabupaten Sukabumi di Facebook Tuai Sorotan

Yasin Limpo apresiasi ketahanan pangan di Kabupaten Sukabumi yang dinilai cukup baik.

"Kita melihat sesuai apa yang ada. Ketahanan pangan (di Kabupaten Sukabumi) terjamin dengan baik, walau demikian harus tetap dijaga kuantitas dan kualitasnya" ungkap Yasin Limpo, Senin (12/10).

Lebih jauh Yasin Limpo menyatakan, dengan terjaganya sektor ketahanan pangan akan berdampak positif bagi pendapatan petani.

BACA JUGA : 6 Fakta Kebakaran Satu Kampung Adat di Cikakak Sukabumi

Kunker selanjutnya, Mentan melaksanakan peninjauan ke peternakan kambing, domba, dan sapi di Desa Sukaresmi, Kecamatan Cisaat untuk memantau ketersediaan kebutuhan daging masyarakat Sukabumi.

"Tidak hanya ketahanan pangan, daging pun kita check sebab nutrisi dan ketahanan gizi menjadi sangat penting," imbuhnya.

Dimasa sulit pandemi, Yasin Limpo memastikan sektor pertanian dan peternakan memiliki trend positif,  pertumbuhan produk domestik bruto (PDB) pertanian dimasa pandemi relatif  meningkat.

"Berdasarkan data BPS, sektor petani membaik. Itu pertanda akselerasinya baik," ungkapnya.

BACA JUGA : Pasar Penampungan Sementara Cibadak Terbakar

Kunker terakhir, Menteri Pertanian tinjau area pertanian di wilayah Kecamatan Cicurug, untuk memastikan ketersediaan pangan, proses korporasi petani dari on farm to off farm terkoneksi kuat.

"Kita melihat proses itu. Agar on farm dan off farm terhubung. Ketersediaan produktifitas bagus, dan penyerapan juga harus bagus." punkas Yasin Limpo.(*)