KPU Kupas Dana Kampanye dan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi

Sabtu, 19 September 2020 - 21:09 WIB
KPU Kupas Dana Kampanye dan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi
KPU Kupas Dana Kampanye dan Nomor Urut Paslon Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi menggelar rapat koordinasi melibatkan seluruh unsur baik dari Penyelenggara, Kepolisian dan TNI, Pemerintahan, Perwakilan Peserta dan seluruh unsur yang terlibat di Pilkada Sukabumi 2020.

Rakor kali ini merupakan evaluasi tahapan Pilkada yang telah dilaksanakan maupun pembahasan terkait regulasi, teknis, maupun strategi, yang akan dilaksanakan di tahapan Pilkada selanjutnya.

Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry Gustaman kepada awak media menyebut masih ditemukan sejumlah pelanggaran yang ditemukan di tahapan Pendaftaran Pasangan Calon (Paslon) di KPU belum lama ini.

Pelanggaran yang masih banyak di temukan dari setiap Paslon di tahapan Pendaftaran, adalah masih minimnya penerapan protokol kesehatan penanggulangan Covid-19 yang sejatinya menjadi protap penting mengingat Pilkada Sukabumi 2020 dilaksanakan ditengah masa pandemi.

BACA JUGA : Polres Sukabumi Kota Beri Sinyal Tegas Pelanggar Protokol Kesehatan di Pilkada Sukabumi

Menurut Ferry Gustaman, pada tahapan pengundian nomor urut pasangan yang rencananya akan dilaksanakan 24 September mendatang, protokol kesehatan akan lebih diperketat.

"Tentunya nanti di pengundian nomor urut Paslon, kita harus taat dan patuh protokol kesehatan," tegas Ferry.

"Karena kita sebelumnya di evaluasi secara nasional di tahapan pendaftaran kemarin banyak pelanggaran terhadap protokol kesehatan," sambung Dia.

"Jadi kita (harus) memaksa kepada Paslon agar jangan banyak membawa pendukung, massa, sehingga kita juga (KPU) tidak di salahkan, karena Kita di kritisi oleh pegiat demokrasi terkait keselamatan penyelenggara maupun masyarakat dalam Pilkada ini," beber Ferry Gustaman kepada TatarSukabumi.ID, Sabtu (19/9).

BACA JUGA : Taman Bunga Matahari Cigedur Lokasi Instagramable di Pajampangan Sukabumi

Dalam rapat koordinasi ini, Ferry menyebut  KPU juga memberikan sosialisasi terkait aturan kampanye sekaligus melakukan pembatasan dana kampanye bersama perwakilan dari seluruh Pasangan Calon.

Harapan yang sama lagi lagi diungkap Ketua KPU Kabupaten Sukabumi, Ferry berharap di tahapan Kampanye mulai 26 September hingga berakhir 71 hari mendatang seluruh proses kampanye berjalan lancar dengan tetap melaksanakan protokol kesehatan.

Untuk aturan dan metode kampanye, Ferry menyebut tidak ada perbedaan yang jauh berbeda dari aturan sebelumnya baik di Pilkada maupun Pileg 2019 lalu.

Namun secara teknis, ada sejumlah aturan sedikit berbeda diantaranya pembatasan pengerahan massa serta aturan wajib dalam penerapan protokol kesehatan.

Halaman Selanjutnya >>>>