Sekda Kabupaten Sukabumi Baru Sepakati Percepatan Daerah Sukabumi Utara Terwujud

Rabu, 16 September 2020 - 20:53 WIB
Sekda Kabupaten Sukabumi Baru Sepakati Percepatan Daerah Sukabumi Utara Terwujud
Sekda Kabupaten Sukabumi Baru Sepakati Percepatan Daerah Sukabumi Utara Terwujud
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Pemerintah Daerah menyambut baik wacana pemekaran wilayah Kabupaten Sukabumi menjadi dua.

Wacana pembentukan Daerah Otonomi Baru (DOB) semakin dekat, Pemprov Jabar telah merestui sedikitnya terdapat 3 daerah otonomi baru terwujud meliputi Kabupaten Garut Selatan, Bogor Barat, dan Sukabumi Utara.

Hal tersebut ditandai dengan kunjungan jajaran Komisi I DPRD Provinsi Jawa Barat menindak lanjuti pemeriksaan ulang persiapan calon daerah otonomi baru di Kabupaten Sukabumi, Rabu (16/8/2020).

BACA JUGA : DPRD Provinsi Jabar Desak Percepatan 3 Daerah Otonomi Baru Garut Bogor dan Sukabumi

Diterima oleh, Zainul, Penjabat (Pj) Sekda Kabupaten Sukabumi, di Gedung Pendopo Sukabumi, menurut Dia, dorongan Pemprov Jawa Barat menjadi energi baru dalam memperkuat harapan masyarakat membentuk daerah otonomi baru Kabupaten Sukabumi Utara.

Kepada TatarSukabumi.ID, Sekda menyatakan Kabupaten Sukabumi sebagai salah satu wilayah Kabupaten terluas di Pulau Jawa dan Bali sudah sepantasnya pemekaran terwujud.

Zainul memastikan seluruh persiapan, kajian, hingga teknis pemekaran wilayah telah di tempuh.

"Persiapannya sudah sangat lama, semua hal telah kita hitung dan kaji, melibatkan perguruan tinggi telah kita lakukan, hanya nanti kalau ada perkembangan yang harus di sempurnakan kita akan sempurnakan.

"Kita sudah cukup jauh, kita telah inventarisir aset baik yang akan di serahkan ke DOB maupun pengganti aset di kabupaten induk, dan pembangunan sejumlah gedung dinas pengganti sehingga tidak akan berpengaruh terhadap pelayanan kepada masyarakat," ujar Zainul, Rabu (16/9).

BACA JUGA : Seragam Satpam Akan Menyerupai Pakaian Dinas Polri Dilengkapi Dengan Pangkat

Atas dasar kebutuhan masyarakat yang mendesak untuk percepatan DOB Sukabumi Utara ditambah dorongan dari Pemprov Jabar, meski belum dapat ditentukan kapan DOB terwujud, Sekda memastikan Pemkab Sukabumi berupaya mempercepat proses terbentuknya Sukabumi Utara.

Halaman Selanjutnya >>>>