Seragam Satpam Akan Menyerupai Pakaian Dinas Polri dilengkapi dengan Pangkat

Rabu, 16 September 2020 - 11:06 WIB
Seragam Satpam Akan Menyerupai Pakaian Dinas Polri dilengkapi dengan Pangkat
Seragam Satpam Akan Menyerupai Pakaian Dinas Polri dilengkapi dengan Pangkat

TatarSukabumi.ID - Sebagai bagian dari mewujudkan keamanan dalam negeri yang terdekat dalam membantu Kepolisian, seragam Satpam atau Satuan Pengaman kedepannya akan menggunakan warna seragam yang menyerupai pakaian dinas Polri.

Hal tersebut tertulis dalam Peraturan Kepolisian Negara Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pengamanan Swakarsa.

Dalam Peraturan Kapolri, bahwa satuan pengamanan, keamanan lingkungan dan bentuk lain merupakan bentuk pengamanan swakarsa yang bertugas membantu Kepolisian Negara Republik Indonesia di bidang penyelenggaraan keamanan dan ketertiban masyarakat, terbatas pada lingkungan atau wilayah yang menjadi lingkup tugasnya.

Selain itu, pengaturan mengenai bentuk pengamanan swakarsa merupakan kewenangan Kepala Kepolisian Negara Republik Indonesia dan pengelolaannya dilakukan secara profesional dalam suatu sistem pengamanan swakarsa.

BACA JUGA : Anies Baswedan Hingga Dirut BPJS Fachmi Idris Ikut Doa Bersama 40 Hari Reni Marlinawati

Dalam BAB I Ketentuan Umum, Pasal I menjelaskan bahwa apa itu Pengamanan Swakarsa.

Pengamanan Swakarsa yang selanjutnya disebut dengan Pam Swakarsa adalah suatu bentuk pengamanan oleh pengemban fungsi kepolisian yang diadakan atas kemauan, kesadaran, dan kepentingan masyarakat sendiri yang kemudian memperoleh pengukuhan dari Kepolisian Negara Republik Indonesia.

Satpam adalah satuan atau kelompok profesi pengemban fungsi kepolisian terbatas non yustisial yang dibentuk melalui perekrutan oleh badan usaha jasa pengamanan atau pengguna jasa Satpam untuk melaksanakan pengamanan dalam menyelenggarakan keamanan swakarsa di lingkungan kerjanya.

Halaman Selanjutnya >>