Sejarah Berdirinya Kabupaten Sukabumi 150 Tahun Lalu

Kamis, 10 September 2020 - 10:01 WIB
Sejarah Berdirinya Kabupaten Sukabumi 150 Tahun Lalu
Sejarah Berdirinya Kabupaten Sukabumi 150 Tahun Lalu
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - 10 September di setiap tahunnya diperingati sebagai Hari Jadi Kabupaten Sukabumi.

Berdasarkan Peraturan Daerah (Perda) Kabupaten Sukabumi nomor 14 tahun 2018, Hari Jadi Kabupaten Sukabumi di tetapkan jatuh pada 10 September 1870.

Pada 10 September 2020 ini dimasa kepemimpinan Marwan Hamami sebagai Bupati Sukabumi dan Adjo Sardjono sebagai Wakil Bupati Sukabumi,  Kabupaten Sukabumi genap sudah berusia 150 tahun.

Untuk diketahui, meski dewasa ini tanaman kopi kurang tergolong istimewa bagi masyarakat Sukabumi yang mayoritas penduduknya lebih memilih bertani padi, sayuran dan buah buahan selain kopi, padahal, perjalanan panjang sejarah terbentuknya Kabupaten Sukabumi identik dengan tanaman kopi.

BACA JUGA : Keunikan Gunung Rompang Sukabumi Bukit Mengeluarkan Suara Bukit Punggung Kuda Hingga Panenjoan dan Situs Cagar Budaya

Di awal abad ke-18 wilayah Priangan menjadi sentra kawasan percontohan budidaya tanaman kopi di Pulau Jawa.

Pasalnya harga kopi di belahan benua Eropa sangat tinggi sehingga VOC pada tahun 1707 menetapkan wilayah Batavia, Priangan dan Cirebon sebagai daerah wajib penanaman kopi.

Cianjur yang pada masa itu dipimpin oleh Bupati Raden Aria Wiratanudatar menggarap lahan tanaman kopi yang cukup luas di kawasan Priangan, selanjutnya kelak sebagian wilayah penanaman kopi Raden Aria menjadi cikal bakal Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Curug Leman Keindahan Air Terjun Jernih Kebiruan di Hutan Kota Palabuhanratu

Sejarah mencatat pada tahun 1720 - 1725 VOC menjadikan kawasan Priangan Barat menjadi kawasan paling penting di Indonesia, puncak kegemilangan terjadi pada tahun 1725, sedikitnya 3,150 juta ton kopi di panen dari kawasan ini  dan kawasan Gunungguruh Cianjur menjadi pusat budidaya tanaman kopi.

Namun tidak berlangsung lama, menjelang akhir abad ke-18, pada Desember 1799 VOC dinyatakan bangkrut, dan selanjutnya kerajaan Belanda di Indonesia membentuk Pemerintahan Hindia Belanda dan menunjuk Pieter Gerardus Van Overstraten sebagai Gubernur Jenderal Pemerintah Hindia Belanda pertama yang menjabat hingga tahun 1801.

Halaman Selanjutnya >>>>