BST Tahap II Pemkab Sukabumi Telah Cair

Selasa, 08 September 2020 - 19:13 WIB
BST Tahap II Pemkab Sukabumi Telah Cair
BST Tahap II Pemkab Sukabumi Telah Cair
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Dana bantuan sosial tunai kepada masyarakat terdampak Covid-19 tahap II, yang bersumber dari Pemerintah Kabupaten Sukabumi di Kecamatan Cisaat telah cair.

13 Desa se- Kecamatan Cisaat hari ini mulai mendistribusikan bantuan senilai 600 ribu rupiah kepada Keluarga Penerima Manfaat (KPM), Selasa (8/9/2020).

Kepala Desa Sukamantri, Cecep Andi Rusmawan  disela penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap II Pemkab Sukabumi menyatakan, perubahan sistem pendistribusian BST dinilai cukup memudahkan masyarakat, berbeda dengan sistem sebelumnya pendistribusian dilakukan PT POS sementara saat ini dikelola oleh Pihak Desa.

"Sesuai agenda penyaluran dilakukan hari Selasa di masing-masing Desa se-kecamatan Cisaat, dimana dana di kirim melalui Dinas Sosial dengan pengawalan Polsek dan Koramil," kata Cecep Andi, Selasa (8/9).

BACA JUGA : Avanza Tabrak Pohon di Ruas Jalan Surade Ujunggenteng

Untuk Desa Sukamantri, penerima BST tahap I tercatat sebanyak 301 keluarga. sementara di tahap II ini terdapat penambahan 80 penerima.

"Dalam penyaluran BST tahap II ini jumlah pemerima menjadi 381 keluarga," kata Dia.

Selama proses penyaluran, Cecep mengaku tidak menemukan kendala, seluruh kegiatan berjalan kondusif.

"Penyaluran hari ini semakin lancar dan tertib. Mungkin karena penyaluran langsung oleh 5 petugas desa di bantu pengamanan dari Babinsa, Bhabinkamtibmas maupun Pihak Kecamatan dengan tetap menerapkan protokol kesehatan," ungkap Cecep Andi.

BACA JUGA : Pleno Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Bupati Sukabumi 2020 KPU Temukan Jumlah Pemilih Menurun 10 Ribu

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Data dan Informasi Linjamsos (Perlindungan Jaminan Sosial) pada Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Roni Ramdansyah mengatakan, meski pendistribusian dilakukan oleh Pemerintah Desa, Dinsos Kabupaten Sukabumi tetap melakukan monitoring pelaksanaan penyaluran BST tahap II ini kepada 13 Desa se-Kecamatan Cisaat.

Untuk sistem penyaluran, sambung Roni bila Desa memiliki jumlah penerima dibawah 500 keluarga, maka penyaluran  diupayakan selesai satu hari.

"Bila jumlah penerima melebihi 500 keatas, bila tidak memungkinkan penyaluran bisa diselesaikan dua har. Untuk itu kami Dinas Sosial siap mendampingi desa," jelas Roni.

BACA JUGA : PPOB BUMDes Bojong Cikembar Mempermudah Masyarakat Melakukan Transaksi Keuangan

Dengan sistem pendistribusian BST tahap II yang dilaksanakan oleh Pemerintah Desa tidak melalui PT POS, maka setiap Desa menerima anggaran tambahan operasional.

"Utuk nilai operasional, berdasarkan standar Bupati ketentuan nominal operasional setiap desa senilai 1,2 juta rupiah." jelasnya.(*)