Pleno Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Bupati Sukabumi 2020 KPU Temukan Jumlah Pemilih Menurun 10 Ribu

Senin, 07 September 2020 - 20:31 WIB
Pleno Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Bupati Sukabumi 2020 KPU Temukan Jumlah Pemilih Menurun 10 Ribu
Pleno Daftar Pemilih Sementara Pemilihan Bupati Sukabumi 2020 KPU Temukan Jumlah Pemilih Menurun 10 Ribu
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menggelar rapat pleno terbuka rekapitulasi Daftar Pilih Hasil Pemutakhiran (DPHP) dan Penetapan Daftar Pemilih Sementara (DPS) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Sukabumi 2020.

Ayi Saepudin, Komisioner Divisi Data dan Informasi pada KPU Kabupaten Sukabumi menyebut, KPU telah menyelesaikan tahapan pemutakhiran data pemilih di Pilkada 2020.

Selanjutnya data pemutakhiran tersebut dilakukan rekapitulasi dan di rapat pleno kan secara terbuka di hadapan seluruh Unsur Pemerintahan, Partai Politik maupun seluruh Unsur Masyarakat yang dilaksanakan hari ini, Senin (7/9/2020).

"Dalam rapat pleno terbuka hari ini tanggal 7 September, alhamdulilah KPU Kabupaten Sukabumi telah menetapkan DPS (Daftar Pemilih Sementara) dengan jumlah 1.816.373, yang terbagi di 5107 TPS (Tempat Pemungutan Suara)" ungkap Ayi Saepudin, Senin (7/9).

BACA JUGA : KPU Bahas Mekanisme Pengunduran Diri Petahana dan Regulasi Kampanye Yang Belum Pasti di Pilkada Sukabumi

Lebih jauh Komisioner Divisi Data dan Informasi pada KPU Kabupaten Sukabumi menyebut data ini masih bersifat sementara belum dinyatakan sebagai DPT (Daftar Pemilih Tetap).

Selanjutnya hasil dari pleno ini akan ditindak lanjuti oleh KPU Kabupaten Sukabumi dengan memberikan waktu apabila ada perubahan data yang tidak valid melalui tahapan tanggapan kepada masyarakat.

Tahapan selanjutnya sambung Ayi, adalah melakukan verifikasi data DPS hingga ke tingkat PPS, verifikasi dan rekapitulasi kembali dilakukan dan di sampaikan hingga tingkat Desa, maupun Kecamatan (PPK).

"Pemutakhiran DPS ini akan ditindak lanjuti dengan pengumuman di masing - masing TPS dan di website KPU, untuk di cek kembali apabila nanti ada perubahan maupun tambahan pemilih yang belum terdata, selanjutnya kita masukan kembali dan akan ditetapkan dalam rapat pleno selanjutnya yakni pleno DPT," jelas Ayi.

BACA JUGA : PKS Muda Siap Dulang Suara 200 Ribu Pemilih Milenial di Pilkada Sukabumi 2020

Untuk jumlah pemilih, KPU Kabupaten Sukabumi memastikan jumlah Pemilih menurun dibandingkan dengan Pileg 2019 lalu.

Ayi menyebut ada penurunan jumlah Pemilih di kisaran 10 ribu dibanding Pemilihan Umum lalu.

"Data kita dari Pileg 2019 justru ada penurunan dari 1.826.011 menjadi 1.816.373, atau sekitar 10 ribu pemilih," kata Ayi.

"Ini mungkin menunjukan bahwa pekerjaan yang dilakukan PPDP di bawah betul betul tersisir, sehingga dapat memutakhirkan (data), termasuk beberapa data (Pemilih) yang meninggal dunia, selanjutnya akan ditindak lanjuti dengan dinas terkait Disdukscapil Kabupaten untuk dihapuskan di data penduduk." terang Ayi Saepudin.(*)