Ada yang Beda Mekanisme Pendistribusian Bantuan Covid-19 Kabupaten Sukabumi Tahap II

Sabtu, 05 September 2020 - 20:39 WIB
Ada yang Beda Mekanisme Pendistribusian Bantuan Covid-19 Kabupaten Sukabumi Tahap II
Ada yang Beda Mekanisme Pendistribusian Bantuan Covid-19 Kabupaten Sukabumi Tahap II
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Dinas Sosial bersama unsur Muspika Cisaat, Pemerintahan Desa se-Kecamatan Cisaat dan Petugas Pusat Kesejahteraan Sosial (Puskesos ) bahas persiapan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap II sumber anggaran APBD Kabupaten Sukabumi.

Kepala Seksi Data dan Informasi Linjamsos (Perlindungan jaminan sosial) pada Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi, Roni Ramdansyah, kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, jumlah penerima BST tunai tahap II mencapai 137.281 penerima sementara penerima BST non tunai berkisar 3.333 penerima.

"Total jumlah penerima tahap II dari
BST tunai sebanyak 137.281 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) sementara BST non tunai sebanyak 3.333 KPM dengan nominal bantuan senilai 600 ribu.

"Selanjutnya untuk data penerima bantuan tahap II ada penambahan sekitar lima persen dari jumlah penerima tahap I," jelas Roni, Jum'at (4/9).

BACA JUGA : Miris! Kakek Penghuni Gubuk Itu Ditemukan Meninggal Dunia Membusuk

Lebih lanjut Roni menjelaskan, dalam rapat persiapan penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) tahap II, dibahas mekanisme penyaluran bantuan.

Secara keseluruhan mekanisme penyaluran akan sama seperti pada tahap I namun ada sedikit perbedaan dalam pendistribusian bantuan.

Pada tahap I Dinsos bekerjasama dengan pihak PT POS untuk pendistribusian namun dalam tahap II ini penyaluran dilakukan di masing-masing Desa.

"Alasannya karena ada aspirasi dari Apdesi (Asosiasi Pemerintah Desa Seluruh Indonesia) mereka menginginkan agar tahap II penyaluran dilakukan oleh pihak desa.

"Kami telah mengakomodir hal tersebut dan melaporkan pada pimpinan, kata Bupati, beliau juga menyetujui hal tersebut," jelas Roni.

BACA JUGA : Sungai Cibareno Cisolok Kembali Meluap 2 Rumah dan Mushola Hanyut Terbawa Bah

Untuk tim pendistribusian BST tahap II, sambung Roni, telah dikeluarkan SK oleh Bupati.

"Selanjutnya Ketua merupakan Sekda di bawahnya tim koordinasi adalah Camat dan penanggung jawab penyaluran adalah Kepala Desa.

"Sementara tim pengawasan diketuai Inspektorat dan anggotanya mulai unsur kejaksaan, Kepolisian, TNI dan inspektur bagian khusus (irbansus) inspektorat," jelasnya.(*)