Tanaman Sorgum Sebagai Alternatif  Pangan Masyarakat Desa Kebonpedes Sukabumi

Kamis, 27 Agustus 2020 - 17:41 WIB
Tanaman Sorgum Sebagai Alternatif  Pangan Masyarakat Desa Kebonpedes Sukabumi
Tanaman Sorgum Sebagai Alternatif  Pangan Masyarakat Desa Kebonpedes Sukabumi

TatarSukabumi.ID - Setelah sukses dalam membangun program ketahanan pangan di sejumlah wilayah Kota Sukabumi, Kepolisian Resor Sukabumi Kota bekerjasama dengan Pemerintahan Desa Kebonpedes realisasikan program ketahanan pangan berupa penanaman Sorgum di Kampung Ranji, Desa Kebonpedes, Kecamatan Kebonpedes, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

Kapolres Sukabumi Kota, AKBP Sumarni terjun langsung menanam bibit Sorgum didampingi Kapolsek Kebonpedes Ipda Tommy, Camat Kebonpedes Ali Iskandar, Kepala Desa Kebonpedes Dadan Apriandani, dan jajaran PKWT Pantes Desa Kebonpedes, Kamis (27/8/2020).

Untuk diketahui, Sorgum merupakan sejenis tanaman sebagai sumber pangan alternatif selain gandum, jagung dan padi.

Tanaman Sorgum dewasa ini menjadi trend sebagai bahan makanan jenis baru mengingat jenis pangan ini mengandung karbohidrat yang sangat tinggi.

BACA JUGA : Pemkab Sukabumi Bangun 1600 Rutilahu Sumber Anggaran APBD 2020

Hal ini diungkap AKBP Sumarni disela penanaman bibit Sorgum di Desa Kebonpedes.

"Sorgum ini bagus karena mengandung karbohidrat tinggi tetapi tidak memiliki gluten atau free gluten, dan banyak orang tertarik mengkonsumsi makanan free gluten.

"Hari ini Kami mengembangkan Sorgum di wilayah PKWT Pantes Desa Kebonpedes, kebetulan bapak Kepala Desa sangat antusias menerima pola penanaman jenis baru, biasanya wilayah ini ditanam jagung dan sayuran, kemarin beliau ingin ditanam Sorgum, insyaallah dalam 3 bulan kedepan sudah bisa di panen," ungkap Sumarni, Kamis (27/8).

BACA JUGA : Sekolah Mulai di Buka Kembali, Orang Tua Bebas Pilih Belajar di Sekolah Atau Sistem Online

Lebih jauh Polwan yang sebelumnya sempat bertugas di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menyatakan, dalam memperkuat ketahanan pangan masyarakat, Polres Sukabumi Kota tidak hanya sebatas memperkenalkan alternatif pangan jenis Sorgum, namun lebih jauh Pihaknya akan terus membantu hingga pengolahan hingga pendistribusian Sorgum yang diharapkan mampu mendongkrak perekonomian masyarakat.

Halaman Selanjutnya >>>>