Diserbu Pendaftar Pelatihan Kerja BLK Kabupaten Sukabumi Angkatan II 2020

Jumat, 07 Agustus 2020 - 10:31 WIB
Diserbu Pendaftar Pelatihan Kerja BLK Kabupaten Sukabumi Angkatan II 2020
Diserbu Pendaftar Pelatihan Kerja BLK Kabupaten Sukabumi Angkatan II 2020
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Setelah sempat dihentikan selama 5 bulan akibat pandemi Corona, Pelatihan Berbasis Kompetensi (PBK) angkatan II Sukabumi Kompeten 2020 kembali dibuka.

Diluar prediksi sebelumnya, penerimaan peserta PBK angkatan II ini hanya dilaksanakan selama 2 hari, Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Sukabumi dengan terpaksa menutup pendaftaran pelatihan kerja di tahun 2020 ini.

Kepala UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) pada Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Sukabumi, Ridwan Agus Mulyawan, menyatakan penutupan pendaftaran dilakukan mengingat antusias peserta di PBK gelombang II ini cukup tinggi.

"Tidak bisa dipungkiri, antusiasme generasi bangsa yang telah lulus Sekolah Menengah Atas maupun Kejuruan sangat tinggi untuk mengikuti pelatihan berbasis kompetensi ini," ungkap Ridwan, Kamis (5/8/2020).

BACA JUGA : Seperti Ini Rincian Dana Bantuan Covid-19 Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi

Ridwan menjelaskan, grafik pendaftar yang dibuka selama dua hari mencapai 557 pendaftar.

Tingginya jumlah pendaftar dalam PBK gelombang II 2020 ini cukup jauh melebihi target kuota yang tersedia.

"Dengan sangat terpaksa kami mau tidak mau dengan berat hati menutup penerimaan calon peserta PBK angkatan II ini," jelas Ridwan.

BACA JUGA : Bawaslu Resmi Panggil Pejabat Pemkab Sukabumi Atas Dugaan Pelanggaran ASN di Pilkada 2020

Lebih jauh Ridwan mengatakan, generasi milenial peminat PBK jauh berbanding lurus dengan jumlah program yang diinisiasi BLK di tahun 2020 ini.

Dalam PBK gelombang II 2020 ini, BLK Kabupaten Sukabumi hanya menurunkan 7 paket program kejuruan dengan jumlah kuota 16 peserta setiap program kejuruan.

"Bila dijumlahkan hanya untuk 112 orang peserta pelatihan kerja gelombang II ini. Sementara jumlah pendaftar 557 peserta," tukasnya.

BACA JUGA : Agus Mulyadi Bertemu Heri Gunawan, Sosok Inikah Bakal Calon Usungan Gerindra di Pilkada Sukabumi 2020

Solusi untuk bisa mengcover jumlah pendaftar yang begitu tinggi, Kepala BLK Kabupaten Sukabumi menginisiasi, sisa kuota yang tidak masuk di angkatan II akan dimasukkan dalam PBK angkatan selanjutnya (III).

Halaman Selanjutnya >>>>