Perumda Air Minum Kabupaten Sukabumi Antisipasi Kemarau Meluas

Senin, 03 Agustus 2020 - 11:54 WIB
Perumda Air Minum Kabupaten Sukabumi Antisipasi Kemarau Meluas
Perumda Air Minum Kabupaten Sukabumi Antisipasi Kemarau Meluas
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Jaya Mandiri (AM-TJM) Kabupaten Sukabumi pastikan kebutuhan air bersih khususnya air minum warga masyarakat Kabupaten Sukabumi dalam kondisi relatif normal meski mulai masuki musim kemarau.

Hal tersebut diungkap Direktur Utama Perumda AM-TJM Kabupaten Sukabumi, Muhammad Kamaludin Zen, disela kegiatan pemotongan hewan Kurban Idul Adha 1441 H di Kantor Perumda AM-TJM Cibadak, Sukabumi, Senin (3/8/2020).

"Hingga saat ini belum ada yang menyatakan kekeringan ke sini (AM-TJM). Meski musim kemarau layanan kita cukup normal, hanya wilayah Ciutara, Cicurug," ungkap Kamaludin Zen, Senin (3/8).

BACA JUGA : Temu Mayat di Sungai Cimahi Cibadak Sukabumi

Sebagai bentuk antisipasi dari potensi kekeringan di musim kemarau 2020, sambung Zen, Perumda AM-TJM telah siapkan 4 unit armada tanki air guna mensuplai kebutuhan air bersih masyarakat.

"Itupun bila terjadi kekeringan yang meluas, namun sampai hari ini masih relatif normal hanya di Ciutara saja," jelasnya.

Lebih lanjut, Direktur Utama Perusahaan Umum Daerah yang sebelumnya bernama PDAM kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, pengajuan kebutuhan air bersih dari masyarakat sesuai regulasi di layangkan melalui BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) untuk selanjutnya akan ditindak lanjuti Perumda AM-TJM.

"Permintaan tetap ke BPBD dan tembusan ke kita, karena kita dibawah BPBD," jelasnya.

BACA JUGA : Keindahan Pantai Minajaya Sukabumi Hingga Fakta Sejarah Kapal Perang Malaysia

Menurut Zen, dengan luas wilayah Kabupaten Sukabumi, saat ini Perumda AM-TJM baru menjangkau 24 Kecamatan dari total 47 Kecamatan.

"Berarti 13 kecamatan belum terlayani. Dari 24 kecamatan itu juga, penilaian dari BPKP baru 28 persen yang terlayani, jadi masih banyak yang perlu di tingkatkan," tukasnya.

Halaman Selanjutnya>>>>