Bawaslu Kabupaten Sukabumi Belum Dapat Jatah Rapid Test Covid-19

Rabu, 29 Juli 2020 - 22:05 WIB
Bawaslu Kabupaten Sukabumi Belum Dapat Jatah Rapid Test Covid-19
Bawaslu Kabupaten Sukabumi Belum Dapat Jatah Rapid Test Covid-19

TatarSukabumi.ID - Berbeda nasib dengan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi yang seluruh anggotanya telah menjalani rapid test Covid-19.

Jajaran penyelenggara Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada), Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Sukabumi hingga saat ini belum mendapat 'jatah' rapid test Covid-19.

Padahal, sejumlah tahapan Pilkada Sukabumi yang akan dilangsungkan ditengah pandemi virus Corona 9 Desember 2020 mendatang telah bergulir bagi tataran panitia penyelenggara pesta demokrasi 5 tahunan itu.

BACA JUGA : Koalisi Baru 8 Partai di Pilkada Sukabumi, KSB : Sayang Anggaran Bila Tidak Menghasilkan Pemimpin Pelayan Rakyat

Dihubungi ditengah kegiatan pengawasan pencocokan dan penelitian (coklit) pemutakhiran data pemilih, Ketua Bawaslu Kabupaten Sukabumi, Teguh Harianto kepada TatarSukabumi.ID membenarkan, hingga saat ini jajaran Bawaslu belum melakukan rapid test Covid-19.

"Untuk rapid test di minggu lalu tanggal 24 Juli kita telah melakukan rapat bersama Gugus Tugas penanganan Covid-19 Kabupaten Sukabumi dan Dinas Kesehatan.

"Kita masih membahas persiapan rapid  test untuk Panwascam, Sekretariat maupun PKD," jelas Teguh, Rabu (29/7/2020).

BACA JUGA : Koalisi Bersih Endus Potensi Abuse of Power dan Conflict of Interest di Pilkada Sukabumi 2020

Disinggung awak media mengenai ketentuan ambang batas waktu pelaksanaan rapid test sesuai prosedural dari Bawaslu RI, Teguh menyatakan terkait prosedural tersebut berada di bawah wewenang Sekretariat Bawaslu.

Dikonfirmasi lebih jauh terkait kendala yang dihadapi dengan belum dilaksanakannya rapid test kepada anggota Bawaslu, akibat tidak ada anggaran atau memang belum adanya alat pendeteksi dini virus asal Wuhan tersebut.

Teguh Herianto belum memberi tanggapan kendala yang terjadi.(*)