Sukabumi Rawan Bencana Alam dan Bencana Sosial, PDIP Bentuk Badan Penanggulangan Bencana

Sabtu, 25 Juli 2020 - 20:26 WIB
Sukabumi Rawan Bencana Alam dan Bencana Sosial, PDIP Bentuk Badan Penanggulangan Bencana
Sukabumi Rawan Bencana Alam dan Bencana Sosial, PDIP Bentuk Badan Penanggulangan Bencana
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Sukabumi merupakan salah satu daerah dengan potensi bencana alam yang cukup tinggi.

Dengan geografis Sukabumi, potensi bencana alam gempa bumi, longsor, kekeringan, hingga bencana hidrometeorologi lain yang cukup tinggi sehingga diperlukan mitigasi yang cukup serius dari seluruh unsur pemerintahan hingga masyarakat.

Memandang pentingnya arti mitigasi atau upaya yang dilakukan untuk mengurangi dampak bencana, Partai Demokrasi Perjuangan (PDI-P) dibawah garis komando Ketua DPP PDI Perjuangan bidang penanggulangan Bencana Ribka Tjiptaning Proletariyati, hari ini membentuk sekaligus melantik Kepala Badan Penanggulangan Bencana (Baguna) Kota dan Kabupaten Sukabumi.

Ribka Tjiptaning yang juga menjabat sebagai wakil rakyat Sukabumi anggota Komisi-IX DPR RI Fraksi PDI Perjuangan bersama Kepala Baguna Pusat Max RB menyematkan rompi Baguna menandai dilantiknya Sirojudin sebagai Kepala Baguna Kabupaten Sukabumi.

Pelantikan Kepala Baguna disaksikan seluruh petinggi Partai berlambang Banteng Kabupaten dan Kota Sukabumi serta 19 unsur masyarakat meliputi perwakilan Petani, Nelayan, Pengamen, Serikat Buruh, Pemuda, dan Komunitas Masyarakat Sukabumi di Bravo Adventure Cikidang Sukabumi, Sabtu (25/7/2020).

BACA JUGA : Kabar Baik Ridwan Kamil Siapkan 60 Ribu Lowongan Kerja di Jawa Barat

Ribka Tjiptaning wakil rakyat di Gedung Senayan kepada TatarSukabumi.ID menyatakan tugas Baguna tidak hanya menangani bencana alam saja, tugas penting lainnya adalah menangani bencana sosial di masyarakat.

"Bencana itu tidak hanya bencana alam basah dan kering, ada yang lebih penting yaitu bencana sosial,  seperti misalnya pasien di tolak di Rumah Sakit itu bencana sosial,  pengangguran pun itu bencana sosial," ungkap Ribka, Sabtu (25/7).

"Tugas Baguna menangani segala jenis bencana, bencana sosial pun kita harus siap membantu. Untuk masyarakat apabila ingin minta bantuan Baguna, bisa datang langsung ke DPC PDI Perjuangan Sukabumi," tegas Ribka.

Di tempat yang sama, Kepala Baguna pusat Max RB menambahkan, secara struktural kepengurusan Baguna telah didirikan di setiap provinsi di Indonesia.

Secara prinsip sambung Max, Baguna pusat memberikan kebijakan, SOP,  serta guidance (bimbingan) pelaksanaan Baguna di setiap daerah.

"Dalam waktu dekat kita akan melakukan pelatihan pelatihan dan kita isi dengan keterampilan keterampilan di bidang kebencanaan, seperti mitigasi bekerja sama dengan BNPB maupun Basarnas, kita telah melakukan kerjasama MoU melalui Ibu Megawati dengan para pimpinan badan tersebut, tinggal implementasinya kita di daerah," beber Max.

BACA JUGA : Mantan Petinggi Partai Nasdem Winda Ambarsari Gandeng Politisi Dapil 3 Sukabumi Lirik PDI Perjuangan

Diakhir kegiatan Ribka Tjiptaning mendistribusikan 1000 paket sembako kepada 19 komunitas Masyarakat se-Kabupaten Sukabumi.

Kepala Baguna Kabupaten Sukabumi yang baru saja dilantik Sirojudin kepada awak media menyatakan siap mengemban tugas yang cukup berat ini.

Sirojudin yang juga merupakan bakal calon wakil Bupati Sukabumi menyatakan kesiapannya menjalankan tugas sosial kebencanaan baik bencana alam maupun bencana sosial.

"Untuk bencana alam kami telah siap untuk turun tangan, menghadapi bencana sosial salah satunya Saya akan berupaya agar bantuan 1000 sembako ini menjadi agenda rutin secara continue menjadi agenda Baguna Kabupaten Sukabumi," janji Sirojudin.(*)