Menakar Kemenangan Koalisi Bersih di Pilkada Sukabumi 2020

Senin, 20 Juli 2020 - 10:54 WIB
Menakar Kemenangan Koalisi Bersih di Pilkada Sukabumi 2020
Menakar Kemenangan Koalisi Bersih di Pilkada Sukabumi 2020
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - KPU Kabupaten Sukabumi mencatat jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) pada Pemilu 2019 lalu mencapai 1.826.011.

Saat ini KPU mulai memasuki tahapan pemutakhiran data pemilih yang dilakukan oleh PPDP (Petugas Pemutakhiran Data Pemilih).

Pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) ini akan berakhir pada 13 Agustus 2020 mendatang.

Meski belum muncul hasil pemutakhiran data real DPT pada Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020, berkaca pada Pemilu 2019 lalu dengan jumlah DPT 1,8 juta jiwa, KPU Kabupaten Sukabumi menargetkan partisipan pemilih berada pada jumlah maksimal 77,5 persen, atau mencapai 1,4 juta jiwa suara di Pemilihan Bupati Sukabumi.

BACA JUGA : Peluang Besar Reni Marlinawati Menang di Pemilihan Bupati Sukabumi

Di Pilkada Kabupaten Sukabumi 2020, Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI P) bersama Partai Persatuan Pembangunan (PPP) telah sepakat untuk berkoalisi dengan mengusung bakal calon Bupati Reni Marlinawati dan Sirojudin sebagai Wakil Bupati.

Kedua Partai telah resmi membentuk tim pemenangan dengan tagline Koalisi Bersih yang resmi dibentuk Minggu (19/7) tadi malam, di Kantor DPC PPP Kabupaten Sukabumi.

Menakar potensi kemenangan Koalisi Bersih di Pilkada 2020, berkaca pada rekapitulasi perolehan suara di Pemilu 2019 lalu, PDI P memperoleh 6 kursi legislatif dengan total 134.277 suara atau 10,4 persen, sementara PPP meraih 4 kursi dengan total 80.032 suara atau 6,2 persen.

2 Partai yang di kenal memiliki massa yang cukup solid dan militan ini dengan raihan jumlah suara total 214.309 atau sebesar 16,6 persen di Pileg 2019 lalu, merupakan sebuah 'modal dasar' yang cukup besar untuk Koalisi Bersih bertarung menjajaki Pilkada 2020.

BACA JUGA : Sukabumi Krisis Regenerasi Pemimpin, Reni Marlinawati Turun Gunung Jajaki Pilkada Sukabumi

Partai berlambang Kepala Banteng besutan Yudi Suryadikrama optimis bisa mendulang suara di Pilkada Sukabumi mendatang.

Wujud totalitas ditunjukkan Partai Kepala Banteng, tidak tanggung-tanggung, PDI P menurunkan 6 anggota Legislatif Kabupaten Sukabumi untuk mendulang suara serta di bantu Anggota Dewan Kota Sukabumi dan DPRD Kabupaten Bogor Fraksi PDI P untuk membantu membackup suara di daerah perbatasan Kabupaten Sukabumi.

Tidak hanya Petinggi Partai yang diturunkan, Yudi Suryadikrama kepada TatarSukabumi.ID menyatakan siap menurunkan 15 ribu pasukan militan kader Banteng untuk turun hingga ke akar rumput.

"Jadi mekanisme kemenangan harus terukur, kami yakin setiap pekerjaan hasilnya akan berbanding lurus dengan perjuangan," tegas Yudi.

Halaman Selanjutnya >>>>