Pilkada Sukabumi Masuki Tahapan Coklit Data Pemilih

Rabu, 15 Juli 2020 - 13:07 WIB
Pilkada Sukabumi Masuki Tahapan Coklit Data Pemilih
Pilkada Sukabumi Masuki Tahapan Coklit Data Pemilih
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Jelang pelaksanaan Pilkada Kabupaten Sukabumi 9 Desember 2020 mendatang, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Sukabumi melalui Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Kecamatan Kabandungan melaksanakan bimbingan teknis (Bimtek) pemuktahiran data pemilih bagi Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) se Kecamatan Kabandungan, mulai Selasa (14/7) kemarin.

Bimtek dilaksanakan jelang persiapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) oleh Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP).

BACA JUGA : Bansos Provinsi Jabar Gelombang Kedua Tidak Diterima, Masyarakat Sukabumi Ancam Demo

Lia Yulianti Ketua PPK Kecamatan Kabandungan kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan, sesuai jadwal yang ditentukan oleh KPU Kabupaten Sukabumi tahapan pelaksanaan pencocokan dan penelitian (coklit) akan dilaksanakan mulai 15 Juli hingga 13 Agustus 2020.

Menurut Lia, Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) merupakan ujung tombak dalam pemutakhiran pendaftaran pemilih, tugas PPDP memiliki peran penting dalam melayani hak konstitusional warga Negara untuk menggunakan hak pilihnya.

“Kerja PPDP harus tepat dalam pencocokan data serta teliti dalam bekerja dan berkoordinasi Kepala Dusun, RT dan RW di setiap wilayah TPS untuk mengetahui informasi kaitan warga yang akan di coklit,” Jelas Lia, Rabu (15/7).

BACA JUGA : DPRD Bahas LPPA 2019 dan Laporan Semester Pertama Prognosis TA 2020 Pemkab Sukabumi

PPDP nantinya dibekali Buku Kerja dalam melaksanakan tugas sebagai buku panduan di lapangan sekaligus catatan kerja PPDP untuk akuntabilitas proses coklit.

Mulai tanggal 15 Juli terdapat kegiatan klik serentak dengan mengklik link lindungihakpilihmu.kpu.go.id agar masyarakat dapat mengetahui apakah sudah masuk dalam daftar pemilih atau belum, yang selanjutnya akan di laksanaan pencocokan dan penelitian serentak.

"Coklit serentak juga akan dilaksanakan pada tanggal 18 juli, yang mana para PPDP mendatangi warga untuk pencocokan dan penelitian data, bagi warga yang kedatangan PPDP dimohon untuk menyiapkan KK dan KTP nya." Pungkasnya.(*)