Pemkab Sukabumi Akan Evaluasi Perizinan Perusahaan Peternakan

Kamis, 09 Juli 2020 - 22:38 WIB
Pemkab Sukabumi Akan Evaluasi Perizinan Perusahaan Peternakan
Pemkab Sukabumi Akan Evaluasi Perizinan Perusahaan Peternakan
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Pemkab Sukabumi tengah melakukan penertiban administrasi Perusahaan yang bergerak di bidang Peternakan.

"Kita ingin melihat, ada beberapa perusahaan yang perlu ada penertiban, baik dari sisi administratif maupun teknis," ungkap Sekretaris Daerah kabupaten Sukabumi, Iyos Soemantri selepas melakukan rapat koordinasi (rakor) teknis bersama Dinas Peternakan dan sejumlah Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait, Kamis (9/7/2020).

Menurut Sekda, dalam rakor kali ini telah di sepakati dalam waktu dekat akan di lakukan evaluasi, sejumlah perusahaan peternakan di wilayah Kecamatan Cikembar, Gegerbitung dan Nyalindung.

"Untuk izin perusahaan sudah berizin, tapi yang lain diupayakan untuk disegerakan di tindak lanjuti perizinannya. Makanya tadi ada Sat Pol PP, Perijinan, agar secepatnya para pengusaha, memiliki legalitas termasuk ijin pengambilan air sumur bor," terang Sekda.

BACA JUGA : Dinas Peternakan Akan Analisa Teror Serangan Lalat di Nagrak Sukabumi

Disinggung soal pemberlakuam moratorium larangan pendirian Perusahaan Peternakan dengan perizinan baru di sejumlah wilayah yang telah ditetapkan Pemkab Sukabumi, Iyos angkat suara.

"Moratorium itu masih tetap berlaku karena memang zonasinya seperti itu, tapi saat ini kita upayakan intensifikasi dalam hal perizinan agar pengusaha miliki aspek legalitas," tutur Iyos, usai rakor yang dilaksanakan di kantor BKPSDM.

Ditempat yang sama, Kepala Dinas Peternakan Kabupaten Sukabumi, Iwan Karmawan menjelaskan, maksud perizinan Perusahaan Peternakan yang saat ini dibahas memiliki jangkaun yang cukup luas, bukan hanya perizinan yang di keluarkan oleh Dinas Peternakan saja.

Pembahasan adalah masalah perijinan dalam arti kata perijinan secara luas antara Dinas Peternakan, DLH (Dinas Lingkungan Hidup), Dinas Tata Ruang , semuanya yang termasuk pada perizinan," jelas Iwan.

Untuk evaluasi Peternakan di wilayah Kabupaten Sukabumi, sambung Iwan, sejumlah OPD akan diturunkan.

"Untuk peternakan di wilayah Cikembar akan di selesaikan oleh pihak Kecamatan dimana akan mengundang pihak terkait, wilayah Gegerbitung oleh
Dinas Lingkungan Hidup kemudian untuk Nyalindung Dinas Peternakan dengan Dinas Perizinan." jelas Iwan.