Ribuan Warga Cibadak Krisis Air Bersih, Ternyata Ini Penyebabnya

Rabu, 08 Juli 2020 - 13:25 WIB
Ribuan Warga Cibadak Krisis Air Bersih, Ternyata Ini Penyebabnya
Ribuan Warga Cibadak Krisis Air Bersih, Ternyata Ini Penyebabnya

TatarSukabumi.ID - Ribuan warga di tiga Desa dan satu Kelurahan di Kecamatan Cibadak, Kabupaten Sukabumi mengalami kesulitan mendapat air bersih.

Informasi yang berhasil di himpun TatarSukabumi.ID, krisis air bersih ini dirasakan warga empat wilayah di Kecamatan Cibadak sejak satu bulan terakhir.

Empat wilayah yang mengalami krisis air bersih meliputi Desa Batununggal, Desa Karangtengah, Desa Sekarwangi dan Kelurahan Cibadak.

BACA JUGA : Masalah Bantuan Sosial di Sukabumi, Ketua Komisi IV DPRD : Pendataan Sangat Kacau Balau

Lurah Cibadak, Budi Eka Andriana, membenarkan peristiwa kekeringan yang mulai dirasakan sebulan terakhir oleh warganya.

Kepada TatarSukabumi.ID Budi menyatakan salah satu faktor penyebab terjadinya kesulitan dalam mendapat pasokan air bersih diantaranya akibat proyek pembangunan DI (Daerah Irigasi) Cisekarwangi.

"Salah satu penyebab kekeringan ini adalah dampak dari pembangunan Daerah Irigasi Sungai Cisekarwangi,

"Dari 4 wilayah, yang paling terdampak berada di bagian paling hilir yaitu kelurahan Cibadak dan Desa Sekarwangi," ungkap Budi Eka Ardiana, Rabu (8/7/2020).

BACA JUGA : Kecelakaan Maut di Cibadak Honda Beat Tertabrak Truk Pengendara Siswa Pelajar Tewas di TKP

Masih kata Budi, warga Kelurahan Cibadak yang terdampak kekeringan akibat pembangunan DI Cisekarwangi berada di 5 ke RW-an dengan jumlah  2429 Keluarga atau 7727 jiwa.

"Sampai saat ini ada 3 RW yang mengalami kesulitan air bersih, yaitu RW 18,19, 20," jelas Budi.

Pembangunan DI Cisekarwangi yang dimulai sejak Juni bulan lalu rencananya akan rampung dalam 4 bulan pengerjaan atau hingga September 2020 mendatang.

Dengan masih panjangnya waktu pengerjaan proyek ini, sambung Lurah Cibadak, diperlukan solusi bagi masyarakat agar tidak mengalami krisis air bersih berkepanjangan.

Halaman Selanjutnya >>>>