Siaran Indosiar SCTV serta beberapa Chanel TV Penghuni Satelit Palapa D Pindah Satelit Telkom 4

Kamis, 02 Juli 2020 - 22:10 WIB
Siaran Indosiar SCTV serta beberapa Chanel TV Penghuni Satelit Palapa D Pindah Satelit Telkom 4
Siaran Indosiar SCTV serta beberapa Chanel TV Penghuni Satelit Palapa D Pindah Satelit Telkom 4

TatarSukabumi.ID - Siaran telivisi Indosiar, SCTV (Emtek Group) serta beberapa Chanel tv lain penghuni satelit Palapa D pindah ke satelit Telkom 4 pertanggal 1 Juli 2020.

Emtek group secara resmi menyatakan mulai 30 Juni 2020 berhenti mengudara di Satelit Palapa D dan pertanggal 1 Juli 2020 mengudara di Satelit Telkom 4.

Hal tersebut menyusul rencana awal bahwa Satelit Palapa D rencananya akan berakhir beroperasi pada bulan Juli dan tugasnya digantikan oleh Satelit Palapa N1 (Nusantara 2).

Namun sayangnya, Satelit Palapa N1 yang diluncurkan pada 9 April 2020 lalu gagal mengorbit dan hancur saat mengudara.

BACA JUGA : Objek Wisata Kawahratu TNGHS Ditengah Pandemi

Satelit Palapa D seharusnya bisa mengorbit selama 15 tahun sejak diorbitkan atau hingga tahun 2024, namun Palapa D dinyatakan akan lebih awal berakhir di tahun 2020 setelah mengorbit selama 11 tahun.

Dampak dari gagalnya penggantian Satelit Palapa D, puluhan channel penghuni Palapa D akhirnya harus pindah satelit agar tetap bisa bersiaran, dan pilihan satelit terdekat yang cukup berpotensi untuk digunakan jatuh pada Satelit Telkom 4.

Saat ini beberapa chanel telah resmi mengudara melalui satelit Telkom 4 meski beberapa Chanel masih mengudara mengandalkan Satelit Palapa D.

Banyak pertanyaan kenapa pindah ke Telkom 4, selain karena sama sama dalam negeri, user channel TV satelit biasanya telah memasang 2 LNB atau lebih dengan lock posisi Palapa D di 113 BT dan Telkom 4 di 108 BT.

BACA JUGA : Keunikan Gunung Rompang Sukabumi Bukit Mengeluarkan Suara Bukit Punggung Kuda Hingga Panenjoan dan Situs Cagar Budaya

Untuk diketahui, satelit Telkom 4 juga merupakan satelit baru, sehingga mencari saluran SCTV dan Indosiar akan lebih mudah.

Untuk mencari channel SCTV dan Indosiar serta stasiun televisi lain penghuni penghuni Telkom 4 khususnya pengguna parabola besar (jaring) berikut ini trik atau cara dalam mensetting parabola anda.

Halaman Selanjutnya >>>>