Gempa Terkini Pusat Gempa Sukabumi

Kamis, 02 Juli 2020 - 19:52 WIB
Gempa Terkini Pusat Gempa Sukabumi
Gempa Terkini Pusat Gempa Sukabumi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Gempa tektonik terjadi tepat pukul 19.00.44 WIB dengan pusat titik gempa berada di Sukabumi Jawa Barat, Kamis (2/7/2020).

Dilansir dari BMKG (Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika) menunjukkan bahwa gempa berkekuatan Magnitudo 4.3 dengan titik episenter terletak pada koordinat 7.7 LS dan 106.9 BT, atau tepatnya berlokasi di Laut pada jarak 87 kilometer Barat Daya Kota Sukabumi pada kedalaman 21 kilometer.

Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa yang terjadi malam ini merupakan jenis gempa dangkal akibat aktivitas zona subduksi lempeng Indo-Australia yang menyelusup menunjam kebawah Lempeng Eurasia.

BACA JUGA : Sukabumi Krisis Regenerasi Pemimpin, Reni Marlinawati Turun Gunung Jajaki Pilkada Sukabumi

Dampak gempa yang digambarkan oleh peta tingkat guncangan (Shake Map) BMKG dan berdasarkan laporan masyarakat, gempa ini dirasakan  di wilayah Tegalbuleud dengan Skala Intensitas IV MMI, Garut, Bayongbong, Cikajang dengan Skala Intensitas III MMI dan di Kota Sukabumi dengan Skala Intensitas I - II MMI.

Hingga saat ini belum ada laporan mengenai kerusakan bangunan sebagai dampak gempa dan hingga pukul 19:27 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa susulan (after shock).(*)