Apdesi Kalapanunggal Minta Peningkatan Tunjangan Kepala Desa

Rabu, 01 Juli 2020 - 13:11 WIB
Apdesi Kalapanunggal Minta Peningkatan Tunjangan Kepala Desa
Apdesi Kalapanunggal Minta Peningkatan Tunjangan Kepala Desa
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Kejaksaan Negeri Kabupaten Sukabumi, disponsori salah satu Bank menggelar Bimtek (Bimbingan Teknis) bagi 381 Desa se-Kabupaten Sukabumi.

Ketua DPK Apdesi (Asosiasi Perangkat Desa) Kecamatan Kalapanunggal Kabupaten Sukabumi sekaligus Kepala Desa Palasari Girang, Ujang Ma'mun menyatakan Bimtek ini cukup bermanfaat.

"Kami bersama rekan kepala desa mengapresiasi bimtek ini dan mengucapkan terimakasih khusus kepada Kejaksaan, Inspektorat, Apdesi dan pihak Bank yang sudah memfasilitasi, sangat bermanfaat tentu," ungkap Ujang Mamun, Rabu (1/7/2020).

BACA JUGA : Polisi Tangkap Bandar Sabu di Sukabumi, Pelaku Terancam Hukuman Seumur Hidup Hingga Hukuman Mati

Disinggung pembahasan dalam bimtek, Ujang menyatakan pada intinya pembahasan menitik beratkan pengelolaan keuangan desa.

"Meski banyak Kades yang sudah 2 atau 3 periode menjabat, tapi dengan bimtek ini, kami semakin diingatkan akan pentingnya akuntabilitas pengelolaan keuangan desa untuk semakin baik.

Mudah-mudahan dengan giat ini bisa meminimalisir hal yang tidak diinginkan oleh semua pihak terutama masyarakat," jelasnya.

BACA JUGA : Kasus Pedofil Dengan Korban Puluhan Bocah di Sukabumi, Adjo Sardjono : Kita Harus Waspada

Kepada awak media, Ketua Apdesi Kecamatan Kalapanunggal meminta ada peningkatan uang tunjangan bagi Kades dan perangkat desa.

"Bila di kementerian keuangan ada istilah remunerasi atau tambahan tunjangan jabatan. Kenapa tidak pada pemerintah Desa dapat dilakukan hal yang sama, maka tolong dikaji ulang gaji unsur pemerintah desa sesuai tidak.

"Jangan sampai beban pekerjaan dan beban tanggungjawab tidak sebanding dengan feed back (umpan balik)
atau take home pay (penghasilan)
yang diberikan, kira-kira begitulah harapan kami." harapnya.(*)