BNNK Sukabumi Talk Show Desa Bersinar Parungseah

Senin, 29 Juni 2020 - 21:06 WIB
BNNK Sukabumi Talk Show Desa Bersinar Parungseah
BNNK Sukabumi Talk Show Desa Bersinar Parungseah

TatarSukabumi.ID - Badan Narkotika Nasional Kabupaten (BNNK) Sukabumi menggelar talk show mengusung tema Desa Bersih Narkoba (Bersinar) dalam rangka pembentukan Desa Bersinar Parungseah, Kecamatan Sukabumi, Kabupaten Sukabumi, Senin (29/6/2020).

Kepala BNNK Sukabumi, AKBP Fahmi Cipta Dewantara dalam sesi talk show mengatakan, Desa Bersinar merupakan program BNNK Sukabumi sebagai salah satu upaya pencegahan dan penanganan penyalahgunaan narkoba di tingkat Desa.

Masih kata Fahmi, program Desa Bersinar dikelola secara mandiri oleh Pemerintah Desa bersinergi dengan seluruh elemen masyarakat Desa.

BACA JUGA : Bendera di Bakar! PDI Perjuangan Gelar Aksi di Ibu Kota Sukabumi

Dengan talk show ini sambung Fahmi, diharapkan terjadi peningkatan pendampingan terhadap masyarakat dalam penyelenggaraan fasilitas Desa Bersih Narkoba yang di kelola secara partisipatif, terpadu dan berkelanjutan dengan berbasis pendayagunaan sumber daya Desa secara optimal.

Fungsi lainnya adalah peningkatan kapasitas aparatur pemerintahan daerah Kabupaten Sukabumi dalam memfasilitasi kegiatan Desa Bersinar.

"Dengan terbentuknya Desa Parungseh Bersinar, Kami berharap kepedulian dan peran aktif masyarakat untuk ikut serta dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap Narkoba," ungkap Fahmi, Senin (29/6).

BACA JUGA : Niat Wisata ke Pantai Kunti, Perahu Pengangkut Puluhan Wisatawan Bogor Tenggelam di Ciletuh Sukabumi

Masih kata Fahmi, tujuan mendasar dibentuknya Desa Bersinar adalah memperkuat daya tahan masyarakat meliputi aspek biologis, psikologis, sosiologis dan teologis.

Dengan penguatan daya tahan masyarakat, akan menjadi faktor proteksi terhadap pemicu gejala-gejala potensial terjadinya penyalahgunaan Narkoba.

"Kami berharap hal ini dapat diterapkan di wilayah lainnya sebagai upaya pencegahan penyalahgunaan narkoba." tandasnya.(*)