Bendera di Bakar! PDI Perjuangan Gelar Aksi di Ibu Kota Sukabumi

Senin, 29 Juni 2020 - 18:43 WIB
Bendera di Bakar! PDI Perjuangan Gelar Aksi di Ibu Kota Sukabumi
Bendera di Bakar! PDI Perjuangan Gelar Aksi di Ibu Kota Sukabumi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Ratusan Simpatisan, Kader, Pengurus hingga Petinggi Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Kabupaten Sukabumi menggelar aksi unjuk rasa.

Aksi massa PDI-P terpusat di Mako Polres Sukabumi, Jalan Jajaway Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, Senin (29/6/2020).

Aksi kali ini dipimpin langsung Ketua DPC PDIP Kabupaten Sukabumi Yudi Suryadikrama yang juga menjabat sebagai wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi.

BACA JUGA : Poros Baru PPP Koalisi PDI Perjuangan di Pilkada Sukabumi? Adjo Sardjono : Ya Artinya Hejo Ludeung Ya Pisah Dong Ya

Bukan tanpa sebab, aksi ini dipicu oleh insiden pembakaran Bendera Partai berlambang Banteng moncong putih  yang diduga dilakukan oleh pihak-pihak tak bertanggung jawab ditengah aksi unjuk rasa Rancangan Undang-undang Haluan Ideologi Pancasila (RUU-HIP) didepan Gedung DPR Senayan, Jakarta pada Rabu (26/6) lalu.

Informasi terhimpun, pasca insiden pembakaran bendera, Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri mengintruksikan seluruh Kader PDIP untuk merapatkan barisan.

Diperkuat pernyataan Tjahjo Kumolo, Petinggi PDIP ini meminta seluruh kader Partai hingga tingkat terbawah se-Indonesia mendatangi Polres di wilayahnya masing-masing untuk meminta perkara pembakaran Bendera Partai pemenang Pemilu 2019 ini di usut tuntas.

BACA JUGA : Keunikan Gunung Rompang Sukabumi Bukit Mengeluarkan Suara Bukit Punggung Kuda Hingga Panenjoan dan Situs Cagar Budaya

Dalam aksi damai di Mapolres Sukabumi, Ketua PDIP Kabupaten Sukabumi, Yudi Suryadikrama mengecam keras terhadap pembakaran simbol identitas yang dinilai telah merendahkan Partai yang telah banyak berkiprah untuk bangsa ini.

"Bagi Kader PDI Perjuangan haram hukumnya untuk merendahkan siapapun di manapun, karena hakikatnya manusia harus diperlakukan sesuai dengan fitrahnya,"

"Pembakaran Bendera Partai adalah bentuk pengingkaran terhadap Undang-undang," tegas Yudi Suryadikrama, Senin (29/6).

BACA JUGA : Niat Wisata ke Pantai Kunti, Perahu Pengangkut Puluhan Wisatawan Bogor Tenggelam di Ciletuh Sukabumi

Lebih jauh Yudi menegaskan, PDI Perjuangan merupakan Partai yang berideologi Pancasila bukan Partai Komunis.

Atas dasar itu, DPC PDIP Kabupaten Sukabumi meminta aparat Kepolisian untuk segera mengusut tuntas kasus ini, menangkap pelaku maupun pihak-pihak yang terkait dengan kasus pembakaran Bendera.

"Kami mendukung sepenuhnya upaya Kepolisian Republik Indonesia sebagai lembaga penegak hukum yang bekerja secara profesional dengan menjunjung tinggi nilai nilai integritas yang handal, kredible, qualified, modern, sehingga dapat dipercaya masyarakat sebagai ujung tombak penegakan hukum di Indonesia," tegas Yudi.

Politisi yang juga menjabat sebagai wakil Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi juga menegaskan, insiden pembakaran Bendera Partai untuk tidak pernah terjadi kembali.

"Kami mendukung upaya  aparat Kepolisian untuk mengambil langkah preventif dalam menciptakan kondusifitas keamanan dan ketertiban khususnya di wilayah hukum Sukabumi," tandasnya.(*)