Revisi Perda Retribusi PKB Sukabumi Sedang Digodok, Kadishub : Kenaikan Retribusi Masih Dalam Pembahasan

Jumat, 26 Juni 2020 - 10:11 WIB
Revisi Perda Retribusi PKB Sukabumi Sedang Digodok, Kadishub : Kenaikan Retribusi Masih Dalam Pembahasan
Revisi Perda Retribusi PKB Sukabumi Sedang Digodok, Kadishub : Kenaikan Retribusi Masih Dalam Pembahasan
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Setelah tahapan penyampaian Nota Jawaban Bupati Sukabumi terhadap pandangan umum Fraksi - Fraksi DPRD Kabupaten Sukabumi dalam rapat Paripurna yang digelar Senin (22/6) kemarin, draft Raperda (Rancangan Peraturan Daerah) tentang Retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kabupaten Sukabumi mulai di godok.

Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi bersama sektor terkait Dinas Perhubungan (Dishub) menggelar rapat kerja pembahasan draft Raperda yang dilaksanakan di Aula Gedung Pendopo Sukabumi, Kamis (25/6/2020).

Kepala Dishub Kabupaten Sukabumi, Lukman Sudrajat menyatakan, Raperda Retribusi PKB ini masih dalam tahapan penggodokan.

Disinggung awak media terkait wacana kenaikan tarif retribusi Pengujian Kendaraan Bermotor, Lukman Sudrajat  menyampaikan bahwa kenaikan tarif retribusi akan berbanding lurus dengan peningkatan pelayanan yang diberikan sesuai amanat Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2009.

"Raperda ini adalah revisi dari Perda nomor 13 tahun 2011 tentang retribusi PKB, revisi ini dilakukan karena mengacu regulasi pusat yang juga berubah.

"Masih dalam pembahasan besaran kenaikan biaya retribusi, namun yang jelas kenaikan pungutan retribusi akan berbanding lurus dengan penambahan pelayanan yang diberikan oleh Dinas Perhubungan," ungkap Lukman Sudrajat, Kamis (25/6).

BACA JUGA : Baliho Marwan Hamami Iyos Somantri Menuai Sorotan, Ketua DPRD Kabupaten Sukabumi 4 Kali Sebut 'Kurang Elok'

Salah satu pelayanan yang akan diberikan adalah layanan buku uji yang semula produknya manual selanjutnya diganti dengan kartu uji berbasis smart card.

"Adalah kartu pintar yang didalamnya memuat data kendaran yang terintegrasi dari satu sistem ke sistem lainnya.

"Nantinya sistem uji ini secara online terkoneksi dengan Kementrian, untuk meminimalisir pemalsuan sehingga lebih savety," jelas Lukman.

Untuk meningkatkan mutu pelayanan, Dinas Perhubungan Kabupaten Sukabumi, tengah melakukan peningkatan sumber daya aparatur tim penguji PKB dengan peningkatan kapasitas uji kompetensi di BPPTD Bali dan BPPTD Tegal.

BACA JUGA : Tito Karnavian Minta Pemilihan Bupati Sukabumi Wajib Terapkan Protokol Kesehatan Covid-19

Ditemui ditempat yang sama, Komisi II DPRD Kabupaten Sukabumi Fraksi Golkar, Deni Gunawan, kepada TatarSukabumi.ID menyampaikan Raperda Retribusi PKB ini masih dalam proses tahapan pembahasan.

"Pembahasan Raperda ini masih belum rampung.

"Untuk angka kenaikan masih dalam pembahasan, masih belum bisa di kemukakan," jelas Deni.(*)