Curug Leman Keindahan Air Terjun Jernih Kebiruan di Hutan Kota Palabuhanratu

Jumat, 05 Juni 2020 - 17:52 WIB
Curug Leman Keindahan Air Terjun Jernih Kebiruan di Hutan Kota Palabuhanratu
Curug Leman Keindahan Air Terjun Jernih Kebiruan di Hutan Kota Palabuhanratu
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Palabuhanratu sebagai pusat kota Kabupaten Sukabumi menyimpan banyak ragam pesona wisata.

Tidak hanya keindahan wisata Samudera Pantai Selatan, Palabuhanratu yang juga masuk dalam kawasan Taman Bumi Geopark Ciletuh ini menyimpan sejuta spot wisata yang masih perawan dan belum tereksplorasi.

Satu diantaranya adalah air terjun (Curug) Leman yang berada di kawasan Cisarakan Desa Buniwangi, Kecamatan Palabuhanratu, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat.

BACA JUGA : Fakta Penampakan Buaya di Muara Cimandiri Sukabumi

Hasil penelusuran TatarSukabumi.ID, Curug Leman memiliki ketinggian 40 hingga 50 meter.

Karakteristik Curug ini berbeda dengan Air Terjun biasa, jatuhan air bening kebiruan jatuh dari sisi batuan Curug yang miring landai tidak vertikal berdiri seperti Curug biasanya.

Keindahan khas yang tidak didapat pada Curug pada umumnya, air terjun yang terletak tidak jauh dari Hutan Kota Palabuhanratu ini cukup istimewa dengan undakan batuan alam yang sangat kontras berpadu dengan kejernihan air yang berasal dari mata air Cipalabuan.

Aliran air Curug Leman di tengah rimbunan Pohon berusia ratusan tahun Hutan Kota Palabuhanratu, tidak hanya berfungsi sebagai paru-paru Ibu Kota Kabupaten Sukabumi, Hulu Curug Leman juga memiliki fungsi pengairan bagi warga di sepanjang daerah aliran sungai (DAS) Cipalabuan.

BACA JUGA : Setting Parabola, Saluran Televisi Migrasi ke Satelit Telkom 4 Akibat Satelit Nusantara Dua Gagal Gantikan Palapa-D

Kepala Desa Buniwangi, Aang Heriana kepada TatarSukabumi.ID mengatakan, dalam waktu dekat Curug Leman Cisarakan akan di buka untuk umum.

Pemerintah Desa Buniwangi, rencananya akan melakukan kerjasama dengan Perum Perhutani untuk bisa mengelola kawasan yang masih perawan tersebut.

"Rencananya dalam waktu dekat Curug Leman akan di manfaatkan menjadi objek wisata alam," ungkap Kades yang akrab disapa Jaro Anom, Jumat (5/6).

Dengan tidak merubah kelestarian, dimasa datang akan di bangun track khusus bagi pengunjung untuk bisa menikmati Curug Leman.

"Untuk akses jalan darat, kita rencananya akan buka, sementara ini untuk menikmati Curug Leman baru bisa diakses dengan menyusuri sungai.

"Dari jalan raya sekitar 800 meter sampai ke air terjun tersebut," jelas Jaro Anom.(*)