Setting Parabola, Saluran Televisi Migrasi ke Satelit Telkom 4 Akibat Satelit Nusantara Dua Gagal Gantikan Palapa-D

Selasa, 02 Juni 2020 - 23:25 WIB
Setting Parabola, Saluran Televisi Migrasi ke Satelit Telkom 4 Akibat Satelit Nusantara Dua Gagal Gantikan Palapa-D
Setting Parabola, Saluran Televisi Migrasi ke Satelit Telkom 4 Akibat Satelit Nusantara Dua Gagal Gantikan Palapa-D

TatarSukabumi.ID - Satelit Nusantara Dua atau sebutan lainnya Satelit Palapa N-1 gagal mengangkasa saat diluncurkan dari Xichang Satellite Launch Center (XLSC) di Kota Xichang, Provinsi Sichuan, China, pada 9 April 2020 lalu.

Padahal, Satelit Nusantara Dua direncanakan menggantikan Satelit Palapa D yang berada pada slot orbit 113 Bujur Timur yang berfungsi untuk memfasilitasi layanan broadband dan broadcast (penyiaran) di tanah air.

Untuk diketahui, Satelit Nusantara Dua dioperasikan oleh PT Palapa Satelit Nusa (PSN) berkolaborasi dengan Indosat Ooredoo, melalui perusahaan joint venture PT Palapa Satelit Nusa Sejahtera (PSNS).

Imbas dari kegagalan ini, sejumlah Chanel Televisi penghuni satelit Palapa-D mulai bermigrasi ke Satelit Telkom-4 (Satelit Merah Putih).

BACA JUGA : Fakta Penampakan Buaya di Muara Cimandiri Sukabumi

Informasi terhimpun, sedikitnya 23 lembaga penyiaran televisi dan 8 stasiun radio berpotensi pindah (migrasi) ke satelit lain, mengingat Satelit Palapa-D akan berhenti mengorbit pada akhir Juli 2020 mendatang.

Hal tersebut diungkap Menkominfo, Johnny G Plate, didalam konferensi pers virtual pada April 2020 lalu seperti di kutip TatarSukabumi.ID, Menkominfo menyatakan jika Satelit Palapa-D yang terletak pada orbit 113 derajat Bujur Timur melayani 23 lembaga penyiaran televisi dan 8 radio dan akan deorbit (berhenti) pada akhir Juli 2020.

Dengan habisnya masa operasi Palapa-D, Pemerintah menggandeng sejumlah pihak diantaranya Indosat Ooredoo, PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN), dan PT Pintar Nusantara Sejahtera mencari solusi agar penyiaran masih tetap bisa berjalan lancar.

BACA JUGA : Kendala Relokasi 960 Makam TPU Ciambar Sukabumi Akibat Terkena Proyek Tol Bocimi

Dari penelusuran TatarSukabumi.ID, dengan gagalnya satelit pengganti Palapa-D, proses migrasi penghuni satelit Palapa-D ke Satelit Telkom 4 sudah mulai berjalan.

Diantaranya saluran SCTV, Indosiar dan O-Channel terhitung sejak 30 Juni berhenti menggunakan Palapa-D dan mulai melakukan transmisi pada Satelit Telkom 4 mulai 1 Juni 2020 kemarin.

Halaman Selanjutnya >>>>