Rencana Teknis PSBB di Sukabumi, Apa Saja Batasan dan Larangannya

Jumat, 01 Mei 2020 - 19:35 WIB
Rencana Teknis PSBB di Sukabumi, Apa Saja Batasan dan Larangannya
Rencana Teknis PSBB di Sukabumi, Apa Saja Batasan dan Larangannya

TatarSukabumi.ID - PSBB (Pembatasan Sosial Berskala Besar) akan diberlakukan di wilayah Kota Sukabumi dan 8 Kecamatan Kabupaten Sukabumi (Parsial) mulai 6 Mei 2020 mendatang.

Herdy Somantri, Kepala Bidang Informasi  dan Komunikasi Publik pada Diskominfosan Kabupaten Sukabumi, kepada awak media mengatakan bahwa hasil dari video conference bersama Gubernur jawa barat beberapa waktu lalu terkait pelaksanaan PSBB di Kota Sukabumi maka daerah perbatasan Kota Sukabumi yang berada di Kabupaten Sukabumi harus ikut mendukung

Dalam video conference tersebut disampaikan, terdapat 8 Kecamatan di Kabupaten Sukabumi yang rencananya akan menerapkan PSBB secara Parsial meliputi Kecamatan Cisaat, Sukaraja, Sukabumi, Gunungguruh, Kebonpedes, selanjutnya daerah yang berbatasan dengan wilayah zona merah bogor seperti Cicurug, Cidahu dan Ciambar.

Untuk  teknis pelaksanaannya, Pemerintah Kabupaten Sukabumi akan ikut menyesuaikan dengan aturan perbatasan yang diterapkan oleh Pemerintah kota Sukabumi.

Lebih jauh menurut Herdy menuturkan jika ketentuan PSBB itu di sesuaikan dengan aturan yang tertuang dalam Pasal 13 Permenkes nomor 9 tahun 2020 meliputi, diliburkannya sekolah dan tempat kerja, pembatasan kegiatan keagamaan dan kegiatan di tempat atau fasilitas umum.

BACA JUGA : Mulai 1 Mei Wajib Pakai Masker Masuk Kota Sukabumi, Ini Sanksi Bagi Pelanggar

Dalam peraturan tersebut menjelaskan juga pembatasan lain yang nantinya akan diterapkan, diantaranya pembatasan kegiatan sosial dan budaya, pembatasan moda transportasi dan pembatasan kegiatan lainnya khusus terkait aspek pertahanan dan keamanan.

"Saat ini Pemkab Sukabumi terus melakukan koordinasi dengan kota terkait aturan PSBB secara detail," ungkap Herdy Somantri, Jumat (1/5/2020).

Namun sebagai pembanding, sambung pria yang akrab disapa Bima, beberapa ketentuan yang diterapkan di sejumlah wilayah lain yang telah diberlakukan PSBB adalah kewajiban memakai masker di area publik dan selalu menerapkan physical distancing.

Halaman Selanjutnya >>>>