Hari Ini 5 Kecamatan Distribusikan Bantuan Provinsi Kepada Masyarakat Sukabumi, Sisanya Besok

Rabu, 29 April 2020 - 15:29 WIB
Hari Ini 5 Kecamatan Distribusikan Bantuan Provinsi Kepada Masyarakat Sukabumi, Sisanya Besok
Hari Ini 5 Kecamatan Distribusikan Bantuan Provinsi Kepada Masyarakat Sukabumi, Sisanya Besok

TatarSukabumi.ID - Sekretaris Daerah Kabupaten Sukabumi Iyos Somantri menyatakan proses pendistribusian bantuan sosial dari Provinsi Jawa Barat akan mulai didistribusikan hari ini, Rabu (29/4/2020).

Dari 47 Kecamatan se-Kabupaten Sukabumi, hanya 5 Kecamatan yang bisa mendistribusikan Bansos hari ini.

Sisanya 42 Kecamatan, saat ini masih menjalani proses pemadanan data sehingga pendistribusian bansos belum bisa dilaksanakan.

"Masih proses pemadanan data, jadi pak Sekda provinsi minta untuk segera pemadanan, karena ada beberapa kabupaten yang belum tuntas dalam usulan by name by addres dan by NIK sehingga masih harus di sampaikan (ke Provinsi)," jelas Iyos Somantri, usai video conference bersama Sekda Jabar, Rabu (29/4).

BACA JUGA : PSBB Kota Sukabumi, Bagaimana Nasib ASN Kabupaten Sukabumi Domisili Kota

Masih kata Iyos Somantri, 5 Kecamatan yang sudah ready dan mendistribusikan bantuan sosial ini meliputi Kecamatan Gegerbitung, Surade, Jampangtengah, Jampang Kulon, dan Kecamatan Ciracap.

"Untuk data yang sudah clear besok sudah bisa disebar, untuk desa lainnya juga saya minta bu kepala Dinsos untuk di clear kan hari ini, sehingga harapannya besok bisa didistribusikan semuanya ke masyarakat," tegas Iyos.

BACA JUGA : Gelombang Tinggi Laut Ujung Genteng Terjang Perahu Nelayan, ABK Asal Bayah Banten Hilang

Menurut Sekda Kabupaten Sukabumi, Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) untuk Kabupaten Sukabumi dari Provinsi Jabar mencapai 75.648 penerima manfaat.

"Untuk sisi jumlah Kabupaten Sukabumi menerima 75 ribu lebih itu sudah fiks tidak bisa geser lagi," tandasnya.

Untuk diketahui, bantuan sosial (bansos) bagi DTKS masyarakat berpenghasilan rendah dan miskin baru (misbar) akan diterima masyarakat dalam bentuk bantuan tunai serta bantuan pangan non tunai, dengan total bantuan senilai 500 ribu rupiah.

Rincian bantuan yang akan diterima penerima manfaat berupa uang tunai senilai 150 ribu rupiah, dan bantuan pangan senilai 350 ribu rupiah berupa beras 10 Kg, Terigu 1 Kg, Gula pasir 1 Kg, makanan kaleng (4 kaleng), minyak goreng 2 liter, telur 2 Kg, dan mie instan sebanyak 16 bungkus.(*)