Situ Cukang Paku Danau Ditengah Hutan Pinus Pabuaran Sukabumi

Jumat, 24 April 2020 - 23:22 WIB
Situ Cukang Paku Danau Ditengah Hutan Pinus Pabuaran Sukabumi
Situ Cukang Paku Danau Ditengah Hutan Pinus Pabuaran Sukabumi
Banner Dalam Artikel

TatarSukabumi.ID - Tidak hanya objek wisata Pantai, Laut, Sungai hingga Air Terjun, Sukabumi memiliki ratusan Danau (Situ) yang cukup potensial menjadi buruan wisatawan.

Salah satunya adalah Situ Cukang Paku, Danau indah ditengah hutan Pinus ini berada di kawasan Desa Sirnasari, Kecamatan Pabuaran, Kabupaten Sukabumi - Jawa Barat.

Dengan air yang jernih berwarna kehijauan, cukup kontras berpadu dengan deretan pohon Pinus yang berbaris rapi mengelilingi tepian Danau.

Aroma oksigen hutan Pinus menciptakan nuansa sejuk serta nyaman bagi para pelancong yang datang.

BACA JUGA : Fakta Unik Panen Teri Impun di Palabuhanratu Sukabumi

Keindahan Situ Cukang Paku sangat cocok untuk mengisi waktu libur bersama teman maupun keluarga.

Dilokasi Situ, Pengunjung bisa mendirikan tenda atau hanya bersantai selonjoran di atas hammock di tengah rimbunnya hutan Pinus.

Pengunjung juga bisa mengitari Danau dengan perahu karet dan pastinya seluruh spot di lokasi ini sangat instagramable untuk di abadikan dalam foto.

BACA JUGA : Harga Jual Ayam Potong di Sukabumi Anjlok Hingga 9 Ribu Perkilo

"Semoga Situ Cukang Paku menjadi objek wisata alternatif bagi wisatawan yang berkunjung ke Sukabumi," ungkap Kepala Desa Sirnasari, Bambang Gunawan.

Infrastruktur jalan menuju Situ Cukang Paku terbilang mulus, Bambang mengatakan, mulai dari akses jalan utama menuju Danau cukup mulus untuk dilalui kendaraan.

"Semata - mata ditujukan untuk meningkatkan pengunjung yang sebelumnya mengeluhkan kondisi jalan rusak.

"Dengan jalan yang sudah bisa diakses kendaraan Situ Cukang Paku kini mulai menjadi buruan wisatawan lokal hingga dari Kota Sukabumi dan sekitarnya," tutur Kades.

BACA JUGA : Spot Wisata Instagramable Gunung Koneng Geopark Ciletuh Resmi Ditutup

Saat ini kawasan Situ Cukang Paku ditutup sementara dampak dari pandemi Covid-19.

"Pengunjung saat ini terbilang sepi, karena kami tutup sementara akibat pandemi Corona, semoga di bulan Ramadhan ini virus bisa lenyap dan wisatawan bisa berlibur setelah hari raya Idul Fitri," ungkapnya.

Saat ini Pemerintah Desa tengah menggenjot peningkatan penataan Situ Cukang Paku, rencananya sekeliling Situ akan dibangun TPT agar tanah di sekitar bantaran Danau tidak tergerus dikala hujan yang dapat mengakibatkan dangkalnya Danau.

"Kendala utamanya biaya, semoga ada dana bantuan dari dinas terkait" harap Kades.

BACA JUGA : Ada yang Beda Dengan Ketentuan Ramadhan 2020 / 1441 H Dengan Ramadhan Sebelumnya

Untuk menuju Situ Cukang Paku dari Kota Sukabumi, perjalanan bisa ditempuh melalui Bojonglopang Jampang Tengah selanjutnya Bojonghaur.

Jalan alternatif lainnya adalah menggunakan arah Sagaranten selanjutnya masuk ke wilayah Ancaen, belok kanan menuju Kampung Talaga.

"Akses jalan menuju Situ sudah mengalami perbaikan, hamparan jalan cor siap mengantarkan pengunjung hingga lokasi Danau," tutur Kades.(*)