Sistem Penyaluran Bansos Provinsi Jabar Kepada 75 Ribu Misbar Sukabumi Terdampak Covid-19

Sabtu, 18 April 2020 - 09:32 WIB
Sistem Penyaluran Bansos Provinsi Jabar Kepada 75 Ribu Misbar Sukabumi Terdampak Covid-19
Sistem Penyaluran Bansos Provinsi Jabar Kepada 75 Ribu Misbar Sukabumi Terdampak Covid-19

TatarSukabumi.ID - Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan (medis), serangan virus asal Wuhan ini juga menyerang berbagai sendi kehidupan masyarakat baik ekonomi maupun berdampak pada kehidupan sosial masyarakat.

Dinas Sosial Provinsi Jawa Barat melalui Dinas Sosial Kabupaten Sukabumi dalam waktu dekat mulai mendistribusikan bantuan sosial (bansos) bagi masyarakat berpenghasilan rendah dan miskin baru (misbar).

Bansos ini akan diterima masyarakat dalam bentuk bantuan tunai dan bantuan pangan non tunai dengan total bantuan senilai 500 ribu rupiah.

Rincian bantuan yang akan diterima penerima manfaat berupa uang tunai senilai 150 ribu rupiah, dan bantuan pangan senilai 350 ribu rupiah berupa beras 10 Kg, Terigu 1 Kg, Gula pasir 1 Kg, makanan kaleng (4 kaleng), minyak goreng 2 liter, telur 2 Kg, dan mie instan sebanyak 16 bungkus.

BACA JUGA : Yudha Sukmagara Blakblakan Soroti Panic Buying, Nasib Buruh Sukabumi Hingga Juklak Juknis Refocusing Anggaran

Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) penerima bantuan sosial dari Provinsi Jawa Barat untuk Kabupaten Sukabumi mencapai 75.648 penerima manfaat.

Sebelumnya Dinsos Kabupaten Sukabumi melalui Seksi Data dan Informasi Perlindungan Jaminan Sosial (Linjamsos) menyatakan  bahwa data usulan jumlah warga terdampak Covid-19 di Kabupaten Sukabumi mencapai 290 ribu keluarga.

Dengan penetapan penerima bantuan oleh Dinsos Provinsi Jabar diangka  75.648 maka masih terdapat selisih 214.353 keluarga di Kabupaten Sukabumi yang belum menerima bantuan.

BACA JUGA : Sukabumi Butuh 300 M untuk Kebutuhan Ekonomi Medis dan Sosial Savety Net Masyarakat, Adjo Sardjono: Dananya Baru Ada 82 M

Dikonfirmasi awak media terkait sistem pendistribusian bansos dari Provinsi Jabar ini, Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Sukabumi, Iyos Somantri kepada TatarSukabumi.ID menjelaskan bahwa sistem penyaluran akan dilakukan oleh PT Pos dan Bulog.

Halaman Selanjutnya >>>>