Tak Ada Bantuan Pemkot Sukabumi, Sterilisasi Hingga Bantuan Sembako Selama Pandemi Covid-19 Mandiri Dilakukan Warga Gang Lipur

Minggu, 29 Maret 2020 - 13:07 WIB
Tak Ada Bantuan Pemkot Sukabumi, Sterilisasi Hingga Bantuan Sembako Selama Pandemi Covid-19 Mandiri Dilakukan Warga Gang Lipur
Tak Ada Bantuan Pemkot Sukabumi, Sterilisasi Hingga Bantuan Sembako Selama Pandemi Covid-19 Mandiri Dilakukan Warga Gang Lipur

TatarSukabumi.ID - Warga Gang Panglipur (Gang Lipur) Kelurahan Gunungparang, Kecamatan Cikole, Kota Sukabumi melaksanakan kegiatan sterilisasi lingkungan dan sosialisasi Covid-19 kepada masyarakat sekitar, Minggu (29/3/2020).

Sedikitnya 150 rumah warga setempat, 100 bangunan rumah kostan, Masjid, Posyandu dan fasilitas umum di RT 1 hingga RT 04 ke-RW-an 08 disemprot disinfektan.

Kegiatan ini diinisiasi oleh Pengurus Posyandu Pakujajar 08 bekerjasama dengan 7 organ kemasyarakatan diantaranya DKM, Karang Taruna, pra koperasi BMT, Rukun Kematian, Rukun keRTan dan ke-RW an 08 Gang Panglipur Kota Sukabumi.

BACA JUGA : Mulai Senin Akses Masuk Sukabumi Diperketat, Marwan : Semuanya Tidak Hanya Angkutan Umum

Upaya sterilisasi lingkungan ini dilaksanakan secara mandiri warga masyarakat setempat tanpa bantuan dari Pemerintah Kota Sukabumi.

"Untuk biaya disinfektan hingga alat semprot kami dapatkan dari warga, kegiatan ini mandiri murni oleh masyarakat.

"Sumbangan berbentuk uang, bahan material disinfektan, hingga tenaga total dan yang terkumpul untuk kegiatan ini sekitar 5 juta rupiah," ungkap Wiwi Kartina Ketua Posyandu 08 Pakujajar, Minggu (29/3).

BACA JUGA : Kasus ODP di Sukabumi Melonjak, Pemkab Akan Siapkan Pusbangdai Jadi Ruang Isolasi Berdaya Tampung 400 Orang

Masih kata Wiwi, sebelumnya Pihaknya sempat beberapa kali meminta bantuan kepada Pihak terkait namun hingga saat ini belum ada bantuan nyata.

"Kami sempat meminta bantuan pinjaman alat kepada pihak terkait namun tidak ada yang memberi, kepada Partai Politik kita sempat pinjam namun ada saja alasannya.

"Kami terpaksa membeli 2 unit alat semprot, hingga bahan disinfektan, kami juga membeli 2 unit alat pengecek suhu tubuh," jelas Wiwi.

BACA JUGA : Perusahaan Garmen di Sukabumi Ciptakan Masker Khusus Covid-19 dan Dibagikan Gratis Kepada Masyarakat

Sterilisasi lingkungan ini akan dilakukan secara berkelanjutan, saat ini telah terbentuk Gugus Tugas ke-RW an yang bertugas melakukan upaya preventif penyebaran Covid-19 khususnya di wilayah RW 08 Gang Lipur Kota Sukabumi.

Program lain yang akan dilakukan warga Gang Lipur adalah memberikan santunan kepada seluruh warga setempat selama pandemi Covid-19.

"Jumlah warga RW 08 sekitar 285 Kepala Keluarga, saat ini telah terkumpul donasi dari masyarakat mampu, nantinya bantuan sembako akan dibagikan ke setiap rumah di Gang Lipur selama pandemi corona.

"Kami juga meminta bantuan pemerintah dan dinas terkait lainnya untuk bisa turun langsung memberikan bantuan kepada warga," tandasnya.(*)